Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Bansos Ramadhan 2023, 76.000 KPM di Situbondo Bakal Dapat Beras 10 Kg

| April 09, 2023 WIB

Pemerintah kembali salurkan Bamsos Ramadhan 2023

 



Situbondo, Kabardesa.co.id - Pemerintah akan mencairkan sejumlah bantuan sosial (bansos) Ramadhan 1.444 Hijriah di akhir Maret hingga April 2023 ini.


Selain bantuan PKH, Bansos yang disalurkan kemasyarakat adalah bantuan sosial Ramadan. Bansos berupa bahan pangan itu akan disalurkan melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas).


Sebelumnya Presiden Jokowi telah memerintahkan langsung kepada Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi untuk segera menyalurkan bansos 21,6 juta keluarga penerima manfaat yang akan mendapat bansos pangan Ramadan dalam bentuk beras 10 kilogram.


Penerima bantuan ini berdasarkan data dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.  Pemerintah juga telah menugaskan Perum Bulog untuk menyalurkan bansos  ke seluruh penerima manfaat tersebut. Dalam penyalurannya Kemensos kembali menggandeng PT Pos Indonesia (Persero).


Penanggung jawab PT Pos Indonesia (Persero) cabang Situbondo M Irfan Djunaidi  saat ditemui awak media mengatakan, PT Pos Indonesia menerima tambahan data dari Kemensos untuk menyalurkan Bansos ke 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Ada penambahan data 1,2 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang saat ini totalnya menjadi 2,3 juta KPM.


"Jumlah penerima Bansos di Kabupaten Situbondo sendiri sebanyak 76.000 KPM berupa beras 10 kg tiap penerima, yang akan disalurkan melalui Kantor Pos Cabang (KCP) kecamatan," Ucap M. Irfan Djunaidi.


Namun saat ditanya oleh sejumlah awak media kapan kepastian penyaluran Bansos, Irfan mengaku masih menunggu imformasi dari kepala Perum Cabang Bulog yang membawahi Bondowoso-Situbondo.


"Kami masih menunggu informasi lanjutan dari Kepala Perum Bulog Bondowoso - Situbondo, dalam komunikasi terakhir jika stok Beras di gudang Bulog masih belum mencukupi, " terangnya.


Sementara itu, masyarakat dapat mengecek data penerima manfaat bantuan sosial (bansos) melalui laman resmi  cekbansos.kemensos.go.id. 
Langkah dan alur pengecekan sebagai berikut:


1. Siapkan KTP untuk dijadikan rujukan pengisian data.

2. Akses link cekbansos.kemensos.go.id menggunakan browser HP.

3. Isi dan lengkapi alamat sesuai kolom yang ada seperti Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

4. Masukkan nama dari PM (Penerima Manfaat) sesuai dengan KTP.

5. Ketik huruf kode yang tertera dalam kotak kode.

6. Setelah selesai, maka lanjut dengan klik 'Cari Data'. Nantinya akan dimunculkan notifikasi apakah terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak.


×
Berita Terbaru Update