Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Gerakan Vaksinasi Untuk Mencegah Penularan Wabah PMK

| Juni 30, 2022 WIB

 

Petugas kesehatan hewan saat menyntikan caksin PMK (Heru Hartanto/KabarDesa.co.id)

KabarDesa.co.id - SITUBONDO JAWA TIMUR - Anggota Koramil 0823/02 Panji, dokter hewan wilayah Kecamatan Panji, Bhabinkamtibmas Polsek Panji dan pihak terkait lainnya melaksanakan gerakan penyuntikan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi secara dor to dor, Kamis (30/6/2022).

 

Keterangan yang disampaikan Sertu Agus Sairi Anggota Koramil 02 Panji mengatakan, gerakan penyuntikan vaksinasi PMK ini dilakukan oleh dokter hewan wilayah Kecamatan Panji, drh. Yuan Listio bersama Paramedik Veteriner.

 

“Penyuntikan vaksinasi PMK ini berlangsung di Desa Klampokan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo. Gerakan suntik vaksin PMK terhadap ternak sapi ini sebanyak 100 ekor yang dilakukan oleh drh. Yuan Listio kordinator Pusat Kesehatan Hewan wilayah Kecamatan Panji,” kata Sertu Agus Sairi.

 

Adapun hewan ternak sapi yang mendapat suntikan vaksin PMK, kata Sertu Agus Sairi, yakni sapi harus dalam kondisi sehat dan dalam suhu normal 38,5°C. “Apabila melebihi suhu normal sapi tidak bisa disuntik vaksin sehat PMK. Sedangkan, proses penyuntikannya dilaksanakan secara door to door ke kandang-kandang sapi milik masyarakat di wilayah Kecamatan Panji,” tutur Sertu Agus Sairi.

 

Sapi yang divaksin sehat PMK, sambung Sertu Agus Sairi, minimal berusia 2 minggu. Penyuntikan sehat terhadap sapi tidak dilakukan terhadap sapi yang dalam kondisi mengandung. “Sapi yang habis disuntik vaksin sehat PMK, ditandai angka urutan di tali lehernya,” pungkasnya.

×
Berita Terbaru Update