Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Pekon Tanjung Jaya Tanggamus Gelar Musdes Bahas Tata Kelola Aset

| Desember 20, 2021 WIB

Kegiatan Penyerahan Aset TPI kepada Bumdes oleh Kakon Tanjung Jaya Kecamatan Limau Tanggamus, Sadiwan (Nahwan/kabardesa.co.id)

Kabardesa.co.id, Tanggamus - Lampung - Masyarakat Pekon/Desa Tanjung Jaya Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung menggelar musyawarah desa (Musdes) di gedung serba guna (GSG) pekon setempat,  Senin (20/12/21).

Kegiatan ini digelar dalan rangka pembahasan tata kelola aset pekon dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang dihadiri  Kepala Pekon Sadiwan beserta aparaturnya.


Tampak juga hadir Sekcam Limau Sujono, Babinsa Pekon Tanjung Jaya Serma Sumardi, Ketua BHP Pekon Tanjung Jaya Purnawan, PLD Pekon Tanjung Jaya Darul, dan beberapa tokoh masyarakat Pekon Tanjung Jaya.

Sadiwan selaku Kepala Pekon Tanjung jaya dalam keterangannya mengatakan bahwa musyarawah tersebut terkait masalah pembenahan tata kelola aset pekon yaitu satu unit gedung Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada didusun muara kelapa yang diserahkan langsung ke kepengurusan Bumdes.

"Kami sebagai pemerintah pekon secara simbolis menyerahkan aset pekon tersebut kepada pengurus Bumdes yaitu Bumdes Sumber Jaya Mandiri," kata Sadiwan.

Sadiwan menjelaskan bahwa dengan diserahkannya satu aset pekon tersebut agar Bumdes benar-benar bekerja terkait langkah-langkah penggalangan Pendapatan Asli Desa (PAD) yang bertujuan untuk kemandirian Pekon.

"Karena selama ini Bumdes yang ada di Pekon Tanjung Jaya bisa dikatakan mati suri, maka kita langsung mengambil langkah-langkah sesuai dengan harapan masyarakat," jelasnya.

Kesempatan itu, Sadiwan berharap agar dengan diserahkannya satu gedung TPI kepada pihak kepengurusan Bumdes tersebut agar menjadi lebih baik dalam tata kelola aset pekon dan sekaligus dapat memberikan kontribusi kepada pihak pekon berupa PAD.

"Semoga dengan tertibnya kepengurusan TPI ini yang di kelola langsung oleh pihak Bumdes agar para nelayan ikan dapat di layanai dengan baik," harapnya.

Ditempat yang sama Ketua Bumdes Pekon Tanjung Jaya, Muhabibi (33) mengatakan, bahwa dengan adanya Bumdes tersebut bertujuan untuk mengelola setiap unit usaha yang ada dipekon Tanjung Jaya agar menjadi produktif dan maju.

"Selain pengelolaan tempat pelelangan ikan yang sudah berjalan, kami juga akan membuat unit usaha yang baru yaitu mengelola kampung pariwisata," pungkasnya.
(Nahwan/Kabardesa.co.id)
×
Berita Terbaru Update