Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

ABPEDNAS Fasilitasi Pertemuan BPD di Kecamatan Secanggang

| Desember 16, 2021 WIB
Foto: BPD Se-Kecamatan Secanggang di Kegiatan Pertemuan Bulanan untuk peningkatan kapasitas. (Foto: Reza)


KABARDESA.CO.ID, Langkat - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se-Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumut, menggelar pertemuan bulanan untuk peningkatan kapasitas BPD dan mengenal fungsi dan tugas BPD. Pertemuan yang difasilitasi Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kecamatan Secanggang, digelar di Aula Kantor Desa Perkotaan, di Kecamatan Secanggang, Langkat, Rabu (15/12/2021) kemarin.


Camat Secanggang, Persadanta Sembiring, S.H, M.AP,  dalam kata sambutannya mengatakan, agar BPD dapat bersinergi dengan Kepala Desa, dan dapat kerjasama yang baik untuk pembangunan di desa. "Lakukan komunikasi bersama Kades, ya duduk bareng sambil minum kopi, misalnya," ungkap Camat.


Sementara itu, Akhyar, selaku Kasi PMP Kecamatan Secanggang mengatakan, agar BPD dapat mempedomani peraturan perundang undangan yang dipertegas di dalam Permendagri No.110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Dan kiranya BPD bisa mengawasi kinerja pemerintah desa sesuai dengan aturan, sebagai fungsi pengawasannya.


BPD mengawasi secara tekhnis yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes). Bukan untuk mencari kesalahan kepala desa, tetapi sebagai monitoring evaluasi Pemdes yang bersipat kordinasi, menyatakan pendapat, meminta keterangan dan menampung aspirasi masyarakat. 


Sementara Ketua DPC ABPEDNAS Kabupaten Langkat, Irwanto menjelaskan, bahwa ABPEDNAS adalah wadahnya BPD, rumah besarnya BPD dalam hal sebagai tempat wadah untuk bersilahturahmi sesama BPD, berdiskusi, saling untuk tukar informasi dan untuk mencerdaskan BPD agar dapat memahami Tupoksinya. 


BPD adalah mitra kerjanya kepala desa. Fungsi BPD adalah sebagai penyelenggara Pemerintahan Desa bersama Kades atau sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Desa. 


Ketua ABPEDNAS Kecamatan Secanggang, Setia Widayat mengatakan, berharap, para BPD bisa tetap kompak, dan tetap menjalin komunikasi, menjalin silaturahmi sesama BPD, termasuk diwadah ABPEDNAS di Kecamatan Secanggang. Sebagaimana diketahui, bahwa ABPENAS, merupakan wadahnya organisasi BPD.


Setia Widayat selaku ketua PAC ABPEDNAS Kecamatan Secanggang mengatakan, seluruh peserta BPD agara kiranya terus dapat meningkatkan kerjasamanya kepada pemerintah desa. 


BPD harus melakukan penggalian aspirasi, menampung aspirasi masyarakat, mengelola aspirasi masyarakat, sehingga nantinya dapat disalurkan kepada pemerintah desa untuk dijadikan bahan, RKP Des, sehingga bisa di jabarkan di dalam Rancangan APBDesa, dan ditetapkan menjadi APBDes.


Dalam pertemuan BPD di Se-Kecamatan Secanggang, para peserta (BPD) melakukan tanya jawab dengan sistim dialog, dengan narasumber dari pihak Kecamatan Secanggang. (Reza)



×
Berita Terbaru Update