Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Keluhan Warga Tentang Pencemaran Udara PG Asembagus, Kadis DLH Cek Langsung Lapangan

| Agustus 19, 2021 WIB


Kabardesa.co.id, SITUBONDO - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Situbondo Kholil SP. MP bersama Tim melakukan pengecekan langsung ke Pabrik Gula (PG) Asembagus terkait keluhan masyarakat tentang pencemaran udara, Kamis (19/8/2021).

Kepala DLH Situbondo mengatakan bahwa, pihaknya merespon pengaduan dari masyarakat terkait keluhan pencemaran udara yang diduga berasal dari PG Asembagus dengan melakukan pengecekan langsung.

"Setelah saya cek kelapangan ternyata sudah 2 minggu ada kerusakan di broiler yang menyebabkan bahan pembakarannya tidak sempurna dan juga ada keterlambatan dari transporter yang mengangkut debu limbah. Sehingga, debu tersebut beterbangan kerumah warga sekitar. Waktu saya cek ke PG Asembagus broiler dan transporter telah berfungsi dan berjalan normal karena sudah ada perbaikan," ucap Klolil.

Bukan hanya itu saja yang dikatakan Kadis DLH, dia pun juga mengatakan, ada beberapa saran supaya kedepannya pencemaran udara tidak terulang lagi, yaitu DLH nantinya akan memberikan  rekomendasi terkait memperbesar gudang terus tembok yang berbatasan dengan warga yang sudah tertutup seng ditinggikan lagi, sekitar 2meter karena seng penutup harus diatas atap warga, dipasang supreyer air di pintu gudang fungsinya untuk menangkap debu yang terbawa angin, agar debu tersebut tersiram oleh air.

"Adanya rekomendasi dari DLH nantinya diharapkan pihak managemen PG segera merespon rekom tersebut. Sehingga, masa giling tebu tahun depan, debu limbah pabrik nantinya bisa diatasi dan dijamin debunya tidak akan mencemari rumah warga lagi," harapnya.

×
Berita Terbaru Update