Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Antisipasi Penyebaran PMK, TNI POLRI Melakukan Penyekatan dan Blusukan ke Kandang Sapi

| Juni 17, 2022 WIB

 

Petugas ketika melakukan penyekatan dan pemeriksaan hewan sapi yang diangkut pick up (Heru Hartanto/KabarDesa.co.id)

KabarDesa.co.id - SITUBONDO JAWA TIMUR - TNI-POLRI terus lakukan penyekatan terhadap kendaraan yang mengakut hewan ternak sapi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jumat (17/6/2022).

 

Keterangan yang disampaikan Babinsa Koramil Banyuglugur Sertu Tamrin mengatakan, kegiatan penyekatan, pengecekan dan himbauan tentang adanya PMK pada hewan ternak tersebut, dilaksanakan di Jalan Raya Pantura Desa Banyuglugur, Kecamatan Banyuglugur.

 

“Penyekatan dan pemeriksaan hewan ternak sapi yang diangkut kendaraan pick up ini, dipimpin oleh Kapolsek Banyuglugur AKP Sutanto bersama petugas kesehatan hewan serta anggota Koramil Banyuglugur,” jelas Sertu Tamrin.

 

Selain melakukan penyekata terhadap kendaraan pick up memuat hewan ternak sapi, kata Sertu Tamrin, petugas juga blusukan ke kandang sapi milik Lukman, warga Dusun Krajan Desa Banyuglugur untuk melakukan sosialisasi tentang PMK pada hewan ternak sapi.

 

“Petugas juga melakukan pengecekan dan melakukan penyekatan terhadap truk maupun pic up yang muatan hewan ternak sapi yang melintas di jalan Pantura Desa Banyuglugur. Sebanyak 8 ekor sapi terjaring dalam penyekatan tersebut,” ujar Sertu Tamrin.

 

Beruntung, dalam penyekatan kendaraan yang bermuatan ternak sapi tersebut tidak terindikasi PMK, sehingga kendaraan tersebut bisa melanjutkan perjalanan. “Hasil dari pemeriksaan kondisi hewan ternak dalam keadaan sehat dan tidak ada indikasi adanya Penyakit Mulut dan Kuku,” pungkasnya.

×
Berita Terbaru Update