Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Hadapi Musim Penghujan Pekon Sinar Saudara Tanggamus Gelar Jumat Bersih

| Desember 17, 2021 WIB


  


TANGGAMUS/Kabardesa.co.id - Lampung, Perangkat Pekon Sinar Saudara Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus bersama warga menggelar kegiatan Jumat bersih.  Kegiatan ini rutin di lakukan mengingat kebersihan lingkungan sangat berdampak buat kesehatan warganya ,apalagi menghadapi musim penghujan di akhir tahun, Jumat (17/12/21). 


Kegiatan ini dimulai dari membersihkan selokan dan lingkungan dari sampah yang dapat memicu tersumbat selokan saat hujan serta menjadi genangan untuk berkembang nyamuk penyebab malaria maupun demam berdarah. 


"Kegiatan ini rutin kita lakukan untuk bersih-bersih di lingkungan, apalagi sekarang musim penghujan bahaya malaria ataupun demam berdarah mengintai kita kalau kita tidak membersihkan selokan dan lingkungan," kata  Kepala Pekon Sinar Saudara, Hasanudin di sela kegiatan. 


Hasanudin menjelaskan, pasca banjir yang melanda  Pekon Sinar Saudara bulan yang lalu, Pemerintah Pekon setempat  telah merampungkan pembangunan Talud Penahanan Tanah (TPT) sepanjang 30 Meter dengan ketinggian 3 Meter  di bantaran sungai Wayliwok yang mengalir di tengah pemukiman  pekon Sinar Saudara Kecamatan Wonosobo, Tanggamus. 


Pasalnya pembangunan TPT  merupakan kebutuhan mendesak , oleh karenanya pembangunan TPT tersebut di bangun dengan menggunakan agaran  DD sebesar  59.265.000,. 


Pembangunan TPT di anggap sangat mendesak dan sangat di butuhkan, pasalnya pasca banjir bulan lalu sempat menggerus bibir sungai dan sangat membahayakan bangunan /pemukiman warga yang ada di tepi sungai.oleh karenanya melalui dana DD, TPT akhirnya selesai di bangun. 


"Pasca banjir bulan yang lalu, ada beberapa titik bantaran sungai yang tergerus dan sangat membahayakan  warga kami yang rumahnya ada di titik itu.Oleh karena itu melalui dana DD  kita bangun tpt sepanjang 30 Meter, dan alhamdullilah bangunan sudah kami selesaikan awal bulan Desember ini," jelasnya. 


Selain pembangunan fisik Pekon Sinar Saudara juga menyalurkan BLT DD kepada 56 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama 12 bulan  dengan masing-masing 300 ribu setiap bulannya. 


Untuk penanggulangan pandemi covid 19, pekon sinar Saudara menganggarkan 8% dari DD yang di terima pekon Sinar Saudara di tahun 2021.Dana tersebut di gunakan untuk mendirikan posko relawan covid dari bulan Januari hingga akhir tahun ini, selain itu untuk pembelian handanitizer, masker, pembuatan tempat cuci tangan, penyemprotan dan lainnya yang berkaitan dengan Covid 19. 


"Selain fisik, sesuai aturan kamipun menganggarkan 8 % dari DD untuk penanggulangan pandemi covid 19, selain sarana dan prasarana terkait covid, juga operasional tim covid pekon kamisesuai dengan juknis yang ada," tegasnya. 


Untuk diketahui, Pekon Sinar Saudara di tahun 2021 menglola DD sebesar Rp1.169.714.555-,  dan di gunakan untuk belanja pegawai sebesar 268.056.000, untuk belanja barang dan jasa sebesar Rp335.852.579,- di bidang belanja modal sebesar Rp306.655.000, dan belanja tidak terduga sebesar Rp259.200.000,-. 


"Untuk KPM BLT DD 72 KPM Januari dan Februari 2021. Selanjutnya 56 KPM Maret s/d Dedesember 2021," tandasnya. (Hardi Suprapto).

×
Berita Terbaru Update