Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Antisipasi Dampak Bencana, Relawan Gampong Siaga Se Kecamatan Jeumpa akan Diberikan Pelatihan

| Maret 05, 2021 WIB


Kabardesa.co.id, Aceh - Barat Daya - Keuchik (Kepala Desa) yang merupakan Pembina Relawan Gampong (Desa) Siaga dan Tanggap Bencana melakukan Rapat Konsilidasi. Kegiatan tersebut berlangsung di aula kantor Camat, Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (1/3/2021).


Rapat Konsolidasi tersebut juga turut dihadiri oleh Camat Jeumpa T Nasrul SKM, Ketua Tagana Kabupaten Aceh Barat Daya Yasri Gusman dan Pendamping Desa Fiza Munanda.


Para peserta rapat sepakat untuk menggelar pelatihan terkait tugas dan fungsi Relawan Gampong Siaga dan Tanggap Bencana. Sehingga diharapkan kedepannya para Relawan Gampong dalam kecamatan Jeumpa dapat bekerja maksimal ketika terjadi bencana di gampong nya.


Ketua Forum Keuchik Kecamatan Jeumpa yang juga Keuchik Gampong Alue Sungai Pinang, M Daud Syah kepada awak media menjelaskan bahwa relawan Gampong Siaga dan Tanggap Bencana belum dapat berfungsi dengan maksimal, pada hal relawan tersebut sudah dibentuk dari tahun 2019 yang lalu.


"Mereka belum faham tupoksi nya, sehingga mereka belum maksimal bekerja ketika ada bencana di gampongnya. Pada hal mereka ini sudah ada sejak tahun 2019 lalu", ungkap nya.


Lanjutnya, karena alasan tersebut lah akhirnya seluruh peserta rapat memandang perlu diberikan pelatihan kepada relawan Gampong ini, apa lagi dalam Peraturan Bupati Aceh Barat Daya Nomor 50 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 ada mengalokasikan nya sebesar Sepuluh Juta Rupiah.


"Kami, seluruh Keuchik dalam kecamatan Jeumpa sepakat akan menggelar pelatihan pemantapan tugas dan fungsi relawan Gampong Siaga dan Tanggap Bencana. Sehingga diharapkan mereka akan mempunyai ketrampilan dan cepat tanggap dalam membantu masyarakat yang terkena bencana" ujar Daud.


Camat kecamatan Jeumpa T Nasrul SKM  juga menjelaskan bahwa pada prinsipnya pemerintah sangat mendukung kegiatan ini, tentunya dengan harapan agar benar-benar dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan tidak menyalahi aturan.


"Ini bagus sekali kita mendukung pelaksanaan rencana pelatihan tersebut, apa lagi sudah diatur dalam Perbup, hanya saja dalam kegiatan ini harus tetap sesui prosedur yang ada, terutama tetap menjaga Protokol kesehatan dalam pelaksanaannya," harap T Nasrullah.


Kegiatan yang direncanakan pelaksanaan nya di akhir bulan Maret 2021 ini akan melibatkan 3 orang relawan per gampong dari 12 gampong  yang ada dalam kecamatan Jeumpa. (RSugara)

×
Berita Terbaru Update