Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Seleksi Calon Perangkat Desa, Kecamatan Lariang, Bustamin Pastikan Tidak Ada Intervensi

| Desember 31, 2022 WIB
Pemerintah kecamatan Lariang saat melakukan seleksi calon perangkat desa, untuk desa Kulu, desa Bambakoro dan desa Batumatoru. (foto asp)


Kabardesa.id.Pasangkayu --.  , Pemerintah kecamatan Lariang melakukan seleksi calon perangkat desa, untuk desa Kulu, desa Bambakoro dan desa Batumatoru.


Peserta mengikuti tes di gedung Sekolah Dasar (SD) Inpres Godang, desa Kulu, dengan materi ujian mulai dari tes tertulis, wawancara dan pengetahuan IT, Jum'at, 30 Desember. Calon perangkat desa yang diseleksi ini, Kepala Dusun, Kepala Urusan (KAUR), Kepala Seksi (Kasi) dan Sekertaris Desa (Sekdes).


Seleksi perangkat desa ini dilakukan berdasarkan perintah dari Permendagri nomor 67 tahun 2017 tentang perubahan atas Permendagri nomor 83 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa


Camat Lariang Bustamin mengatakan, peserta yang mereka seleksi ini sebanyak 66 dari tiga desa, masing - masing Desa Kulu 16 orang, Desa Batumatoru 28 orang dan desa Bambakoro 22 orang. Tes tertulis berupa pilihan ganda dan esai dan wawancara, peserta diberikan 15 pertanyaan.


" Materi yang kami ujikan itu mengenai UU desa, visi misi desa dan kabupaten serta jika terpilih nanti apa yang akan dilakukan terutama dalam merencanakan program - program di desa," tutur Camat Lariang Bustamin.


Terkait penentuan siapa - siapa nantinya akan diloloskan menjadi perangkat desa, kata Bustamin bahwa seleksi ini murni untuk mencari orang yang berkualitas dan bisa mengembangkan desanya dan tidak ada intervensi dari pihak manapun.


" Sistem penilaian kita itu berdasarkan ranking dari setiap hasil tes baik itu tertulis dan wawancara serta pengetahuan IT. Apabila nantinya ada yang keberatan dengan hasil yang kami keluarkan, bisa datang langsung ke kantor camat," jelasnya.


Ia menambahkan, terkait hasil tes calon perangkat desa ini tidak akan langsung dikeluarkan dan masih menunggu hasil pemeriksaan lembar jawaban setelah itu akan diumumkan pada awal pekan di bulan Januari tahun 2023. (Asp/yuni)

×
Berita Terbaru Update