Notification

×

Iklan

-

Iklan

Anggota Koramil Banyuputih Dampingi Petugas Kesehatan Hewan Melakukan Imbauan PMK

| September 19, 2022 WIB

 

Anggota Koramil Banyuputih saat dampingi petugas kesehatan hewan melakukan pemeriksaan ternak sapi (Heru Hartanto/KabarDesa.co.id)

Situbondo Jawa Timur, KabarDesa.co.id - Anggota Koramil 0823/08 Banyuputih bersama Forpimka terus bersinergi dalam pengecekan dan memberikan himbauan kepada masyarakat yang mempunyai hewan ternak sapi, terkait dengan Penyakit Mulut Kaki pada pada hewan ternak sapi, Senin (19/09/2022).

 

Anggota Koramil 0823/08 Banyuputih Serda H. Alif mengatakan bahwa, kegiatan pemeriksaan sapi bertempat di kandang milik Bahri dan Hairul warga KP Krajan RT.002 RW.008 Desa Sumberjo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

 

“Kegiatan pemeriksaan hewan sapi ini dilakukan oleh drh Mega Sari Kusuma, drh Hana Cristal, para medik Puskeswan Banyuputih sebanyak 10 orang, Sekdes Desa Sumberjo Hasanuddin, anggota Polsek Banyuputih Aipda Jimmy dan Kasi Pemerintahan Desa Amsin," ujar Serda H. Alif.

 

Lebih lanjut, Serda H. Alif juga menambahkan bahwa pemeriksaan dan sosialisasi terhadap ternak sapi ini, sebagai bentuk upaya pencegahan dan antisipasi terjadinya penularan PMK ke hewan ternak jenis sapi. agar secara dini mengetahui gejala-gejala Penyakit Mulut dan Kuku.

 

“Adapun ciri-ciri hewan ternak yang terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yaitu Kondisi hewan mengalami demam tinggi, muncul air liur berlebihan, terdapat serta luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah, hewan ternak tidak mau makan, nafas terlalu cepat atau Hipersalifasi dan Abortus,” kata Serda H. Alif.

 

Selain itu, sambung Serda H. Alif, petugas juga memberikan himbauan kepada pemilik hewan ternak sapi, apabila menemui gejala atau indikasi sapi ternaknya terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku agar segera melaporkan kepada Puskeswan Banyuputih atau Babinsa untuk ditangani lebih lanjut. (Heru/KabarDesa)

 

×
Berita Terbaru Update