Notification

×

Iklan

-

Iklan

Berangkat Umrah, Bupati Wajo Limpahkan Tugas Harian ke Wabup

| September 19, 2022 WIB
Bupati Wajo, Amran Mahmud (kanan) dan Wakilnya, Amran (tengah) - JG/kabardesa


WAJO, KABARDESA.CO.ID - Bupati Wajo, Amran Mahmud, mengambil cuti untuk melaksanakan ibadah umrah di tanah suci, Makkah, Arab Saudi. Cuti ke luar negeri karena alasan penting selama 15 hari tersebut terhitung mulai hari ini, Senin (19/9/2022), sampai Senin (3/10/2022) nanti.


Cuti orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng ini telah mendapatkan persetujuan atau izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui surat dari Nomor: 857/120.e/SJ tanggal 31 Agustus 2022  tentang Persetujuan Izin ke Luar Negeri dengan Alasan Penting. 


Surat tersebut diteken Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Suhajar Diantoro, ditujukan kepada Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), dan ditembuskan ke Bupati Wajo. Sebelumnya, surat permohonan cuti Bupati Wajo diajukan ke Gubernur Sulsel.


Amran Mahmud yang berangkat didampingi sang istri sekaligus Ketua TP PKK Wajo, Sitti Maryam, menjelaskan selama pelaksanaan ibadah umrah, untuk sementara tugas harian bupati dilimpahkan kepada Wakil Bupati Wajo, Amran. 


Itu tercantum dalam salah satu poin surat persetujuan dari Kemendagri bahwa selama Bupati Wajo melaksanakan cuti, Wakil Bupati (Wabup) Wajo melaksanakan tugas dan wewenang dengan tetap berkoordinasi dengan bertanggung jawab kepada Bupati Wajo.


"Jadi, untuk sementara partner kami, Wakil Bupati Amran, yang akan melaksanakan tugas harian bupati selama kami melaksanakan ibadah umrah," kata Amran Mahmud yang dikonfirmasi saat akan diberangkatkan usai salat Zuhur di Masjid Agung Ummul Quraa, Kota Sengkang, Senin (19/9/2022).


Amran Mahmud berharap kepada para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) agar tetap menjalankan program kerjanya. Meski dirinya tidak berada di Wajo, dirinya berpesan agar seluruh jajaran tidak ada yang kendor dalam melaksanakan tugas.


"Saya titip kepada partner kami, Wakil Bupati Amran, untuk terus memantau pelaksanaan program kerja serta visi dan misi Pemerintah Kabupaten Wajo di setiap OPD," kata Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Wajo ini.


Amran Mahmud juga menuturkan ibadah umrah ini memang sudah dijadwalkan sejak 2020 lalu. Namun, saat itu tidak jadi dilaksanakan karena pandemi Covid-19 yang melanda secara global. 


"Keberangkatan kami ini untuk meminta petunjuk Allah subhanahu wa taala karena dalam pelaksanaan tugas dan pengambilan keputusan. Apalagi menjalankan roda pemerintahan bersama Wakil Bupati harus melibatkan Allah subhanahu wa taala agar setiap kebijakan yang kami ambil bisa dirasakan manfaatnya, khususnya untuk masyarakat Wajo yang maju dan sejahtera," bebernya.


Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI) Wajo inipun mengharapkan doa dan dukungan dari masyarakat Wajo agar pelaksanaan ibadahnya bersama jemaah lainnya bisa berjalan lancar. "Begitupun kepada rombongan jemaah dan pendamping agar senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan," harapnya.


Sementara, Wabup Wajo, Amran, mengaku siap melaksanakan amanah. "Kami siap melaksanakan amanah ini. Kepada partner kami, Bapak Amran Mahmud, agar fokus saja melaksanakan ibadahnya sampai selesai dan kembali ke Wajo bersama kita," tutur Amran.


Amran pun meminta kepada seluruh masyarakat Wajo agar mendoakan perjalanan ibadah Bupati Wajo bersama rombongan ke Arab Saudi agar bisa diberikan kelancaran hingga kembali ke tanah air.


Rombongan umrah Bupati Wajo sebelumnya dilepas pemberangkatannya oleh Wakil Bupati, Amran, bersama Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wajo, Muhammad Yunus, pimpinan dan jajaran penyelenggara umrah, serta undangan lainnya. 


Sebagai informasi, pemberangkatan rombongan yang difasilitasi PT Darmawan Tour & Travel ini sebanyak 400an jemaah. Jemaah akan menjalani karantina selama satu malam di Kota Makassar kemudian akan terbang ke Arab Saudi, Selasa (20/9/2022) bersama-sama dalam satu pesawat.


Sebelum berangkat, Bupati Wajo didampingi Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah menyempatkan memimpin rapat koordinasi dan memberikan penekanan kepada Kepala OPD dan Camat untuk terus memaksimalkan pelaksanaan program kerja serta pencapaian visi dan misi Pemerintah Kabupaten Wajo. (JG) 

×
Berita Terbaru Update