Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Tumpukan Sampah Dan Bau Tak Sedap Hiasi Jembatan Limpas Siliwung Situbondo

| November 09, 2021 WIB


Kabardesa.co.id, SITUBONDO, JAWA TIMUR - Setiap hari hujan turun deras di Kabupaten Bondowoso dan Situbondo mengakibatkan debit sungai yang meningkat mengakibatkan sampah -sampah tersangkut dan menumpuk dibawah jembatan limpas Siliwung, Kecamatan Panji, Situbondo, Selasa (9/11/2021).


Tampak jelas, jika melewati jembatan limpas siliwung, kita akan melihat tumpukan sampah bercampur potongan batang kayu pegunungan tersangkut dibagian bawah jembatan sehingga tidak enak dipandang mata, serta jika kita melintasi jembatan limpas tersebut maka kita akan mencium bau tak sedap dari tumpukan sampah yang telah menumpuk berhari hari.


“Benar mas,, beberapa hari ini kalau lewat sini pasti bau tak sedap. Kasian warga yang lewat” ujar Tio (20), salah seorang pengendara yang melintas.


Menurut Ayik (29), salah satu warga Desa Kotakan mengamati sampah di aliran sungai sampeyan tepatnya dibawah jembatan limpas siliwung ini sudah menumpuk sejak dua pekan terakhir akibat terbawa arus air saat hujan deras beberapa hari lalu. 


 "Kami selaku warga Desa Kotakan berharap secepatnya sampah - sampah yang nyamgkut di bawah jembatan itu secepatnya ditangani. Karena, kalau terus dibiarkan akan semakin banyak dan semakin menumpuk. Kami takut sungai meluap lalu terjadi keretakan akibat sampah-sampah itu masuk ke lingkungan rumah warga," ucapnya.


Sangat disayangkan, hingga kini belum ada tindakan dari Pemkab Situbondo khususnya Dinas terkait untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut. Permasalahan ini tak hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan masyarakat juga harus sadar bahwa, perilaku membuang sampah di sungai bukanlah sikap yang bijaksana. 

×
Berita Terbaru Update