Notification

×

Iklan

.

Iklan

Inovasi Peluk Si Tari Atasi Permasalahan Administrasi Pendaftaran Pasien

| Mei 05, 2021 WIB


Kabardesa.co.id, SITUBONDO - Untuk memberikan kepuasan dan profesionalisme serta berkualitas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah kerja Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Panarukan luncurkan inovasi Pelayanan Uggul Berkualitas Simple Tanpa Ribet (Peluk Si Tari).


“Inovasi Pelayanan Uggul Berkualitas Simple Tanpa Ribet (Peluk Si Tari) ini, sejalan dengan program Bupati Situbondo, dimana di harapkan seluruh masyarakat yang ber KTP Situbondo bisa mendapatkan pelayanan gratis tetapi berkualitas dengan hanya menunjukkan KTP, kartu kepesertaan aktif BPJS Kesehatan, KIS dan sejenisnya,” jelas Kepala UPTD PKM Panarukan dr. H. Imam Hariyono, Rabu (5/5/2021).


Hadirnya Inovasi Peluk Si Tari ini, sambung dr. Imam, termotivasi dari permasalahan yang sering ditemui saat pasien melakukan proses administrasi pendaftaran di puskesmas. Seperti ketidakcocokan nama pasien, status cerai, status meninggal dan kepesertaan jaminan sosial yang sudah tidak aktif namun masih dipergunakan untuk pendaftaran. Hal ini akan bisa menghambat pemberian layanan kesehatan kepada pasien.


Oleh karena itu, imbuh dr Imam, untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas, maka UPTD PKM Panarukan melakukan terobosan atau inovasi Peluk Si Tari yang di harapkan dapat membantu dalam bisa menyelesaikan masalah administrasi. “Dengan inovasi Peluk Si Tari, kami bisa fokus memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal sesuai dengan kompetensi di Puskesmas Panarukan,” jelasnya.


Inovasi Peluk Si Tari, kata dr Imam, di gagas untuk memberikan pelayanan kesehatan berkualitas gratis. “Untuk urusan administrasi, kami telah berkoordinasi dan meminta bantuan lintas sektor, yakni camat dan delapan kepala desa untuk menugaskan perangkat desanya secara khusus dalam proses pendaftaran dan pembayaran,” tuturnya.


Sebenarnya, kata dr. Imam, inovasi Peluk Si Tari ini sudah lama terapkan di Desa kilensari, Kecamatan Panarukan. “Alhamdulillah, berkat bentuan petugas khusus yang ditunjuk oleh Kades Kilensari, semua kendala administrasi dalam pendaftaran bisa terselesaikan dengan baik. Saat ini, kami teruskan di tujuh desa wilayah kerja Puskesmas Panarukan. Selanjutnya, kami mohon doa dan dukungan semua pihak agar Puskesmas Panarukan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya.

×
Berita Terbaru Update