Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Puluhan Warga Desa di Bone Bolango Ikut Pelatihan Pembuatan Gula - Gula Soba

| Juni 05, 2024 WIB

 

Suasana pelatihan pembuatan gula - gula soba yang diikuti oleh warga desa dari dua kecamatan di Kabupaten Bone Bolango - Gorontalo (foto: berita.bonebolangokab.go.id)

Kabardesa.co.id, BONE BOLANGO GORONTALO -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone Bolango bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone Bolango melakukan pendampingan berupa pelatihan keterampilan pembuatan gula-gula soba di Kampung Zakat Desa Bonuo, Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. 


Gula - gula soba adalah permen tradisional atau permen jadul di gorontalo yang terbuat dari gula merah yang dimasak sampai kalis mengental dan ditaburi kacang tanah yang sudah disangrai, di pulung selangi hangat dan rasanya manis legit.


Selain pembuatan gula - gula soba, peserta juga mengikuti pelatihan pembuatan gula aren. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Bulango Utara dan Kecamatan Bulango Ulu, yang di pusatkan di Kantor Desa Bunuo, Rabu (5/6/2024).


Ketua Baznas Kabupaten Bone Bolango, Faisal Hasyim Pakaya, mengatakan pendampingan Kampung Zakat berupa pelatihan keterampilan pembuatan gula-gula soba dan gula aren oleh Baznas Bone Bolango bekerja sama dengan Kantor Kemenag Bone Bolango ini, menghadirkan pemateri dari PT. Fitrah Gemilang terkait dengan pembuatan gula-gula soba dan dari Baznas sendiri terkait dengan akuntansi sederhana.




Kegiatan pelatihan ini juga melibatkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) dalam hal ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Bone Bolango, Mesalina Vivi Saputra. 


"Insya Allah akan menyusul OPD lain, karena program Kampung Zakat ini adalah program kolaborasi berbagai stakeholders,” kata Faisal Pakaya.


Faisal pun berharap melalui pelatihan ini akan lahir 30 orang pengusaha gula-gula soba dari Kampung Zakat Desa Bunuo. Olehnya itu, ia berharap pelatihan pembuatan gula-gula soba ini diseriusi dan ditekuni agar dapat meningkatkan ekonomi keluarga.


“Semoga dengan pelatihan ini akan ada masyarakat yang tadinya mustahik menjadi muzakki,” tandas Faisal.


(Noka)





×
Berita Terbaru Update