Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Sekilas Sembilan Bulan Kinerja TR Fahsul Falah di Sinjai

| Mei 23, 2024 WIB

Pj Bupati Sinjai, TR. Fahsul Falah. (Dok. Kabardesa.co.id)

Kabardesa.co.id, Sinjai -  Sudah sembilan bulan TR. Fahsul Falah menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Sinjai menggantikan Andi Seto Asapa (ASA) yang telah memasuki purna tugas pada Senin, 25 September 2023 lalu.


Dalam Sembil in bulan terakhir ini, kepemimpian daerah yang ditorehkan untuk masyarakat di Bumi Pantita Kitta ini, semakin terlihat maju dan berkembang serta dirasakan manfaatnya.


TR Fahsul Falah yang resmi dilantik oleh Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Badaruddin, Selasa (26/09/2023) lalu ini, kinerjanya semata-mata untuk kepentingan masyarakat Sinjai, meski diketahui  TR Fahsul Falah sendiri merupakan pria kelahiran Aceh Timur, kelahiran 1 Januari 1974. Dengan menyandang gelar S.Sos., M.Si.


Diketahui, di awal-awal kepemimpinannya, sejumlah sorotan menerjangnya. Namun dijawabnya dengan satu prinsip, “akan menjawab dan membuktikan dengan kinerja yang maksimal untuk Sinjai”.


Hasilnya, memang harus diakui dan patut mendapat apresiasi tanpa perlu lagi menafikan kinerjanya, sebagai orang yang dipercayakan oleh Negara melalui Presiden RI.


Potensi kepemimpinan putra asal Aceh ini, dapat terlihat ketika dipercaya sebagai Kepala PPSDM Kemendagri Regional Makassar 2020-2022, dan selanjutnya ditunjuk sebagai Sekretaris BPSDM Kementerian Dalam Negeri pada 2022-2023.


Saat ini dirinya juga dipercayai menjabat sebagai Kepala Pusat Strategi Kewilayahan, Kependudukan dan Pelayanan Publik Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri.


Terhadap kinerjanya sebelum menjabatPj Bupati Sinjai itu, TR Fahsul Falah sejumlah penghargaan diperolehnya, diantaranya Penghargaan atas Prestasi yang diperolehnya Lulus Peringkat II dengan Predikat Memuaskan 2006 dari Kepala Pusdiklat Regional Bukit Tinggi.


Serta Penghargaan Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun dari Presiden RI, selanjutnya penghargaan atas Kontribusi Interaksi dan Partisipasi yang diberikan dalam Menyukseskan Penyelenggaraan Program Diklat Pim II selaku Bendahara 2012 dari Deputi Bidang Diklat SPIMNAS.


Penghargaan Satya Lencana Karya Satya XX Tahun 2016 Presiden RI, ucapan Terima Kasih dan kerjasamanya terkait teknis JFAIPP 2020 dari Dir Pengamanan Perdagangan Dirjend Perdagangan Luar Negeri.


Lantas apa saja yang ditorehkan TRFahsul Falah selama Sembilan bulan terahir ini di Sinjai. Berikut rangkuman liputannya yang dikutip dari berbagai sumber dan media pers.


Menuntaskan 10 Indikator Kinerja

Salah satu bukti nyata kinerja yang ditorehkan TR Fahsul Falah di Sinjai, ketika dievaluasi di hadapan Irjen Kemendagri di Jakarta, Rabu (24/04/2024) lalu.


Dihadapan tim evaluasi, Pj Bupati Sinjai memaparkan 10 indikator kinerjanya selama kepemimpinan daerahnya di Sinjai. 10 indikator  kinerja itu meliputi, kesehatan, stunting, layanan publik, kemiskinan ekstrem, inflasi, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), penyerapan anggaran, perizinan, kegiatan unggulan, dan pengangguran.


Indikator kinerja yang dijelaskan, mulai dari kesehatanterkait keadaan tenaga medis dan sarana prasarana yang ada di RSUD Sinjai, RSUD Bulu Paccing Kelas D Pratama, dan 16 Puskesmas yang tersebar di sembilan kecamatan.


Termasuk penanganan stunting, seperti skrining anemia pada remaja putri, pemberian tablet tambah darah, pemberian makanan tambahan berbahan pangan lokal bagi ibu hamil, pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita di Posyandu setiap bulan, pemberian imunisasi dasar lengkap dan lain-lain.


Di sektor layanan publik Pj Bupati paparkan, dimana  Pemkab Sinjai melalui Bagian Organisasi telah melakukan fasilitasi/asistensi terhadap OPD yang akan membuat atau memperbarui Standar Operasional Prosedur (SOP)-nya, serta aktif melakukan kunjungan kerja ke kecamatan untuk pemenuhan aspek kebutuhan publik.


Terkait soal kemiskinan ekstrem, Pj Bupati telah melakukan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan labelisasi rumah penduduk miskin.


Untuk menangani kemiskinan ekstrem, upaya yang akan dilakukannya seperti pengembangan UMKM, pengembangan produk unggulan daerah, bedah rumah, memaksimalkan Program Keluarga Harapan (PKH) dan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT), fasilitasi pelatihan tenaga kerja, dan Pasar Karya Tunai Desa (PKTD).


Selain itu soal penanganan inflasi, Pemkab Sinjai di Triwulan II kepemimpinan Pj Bupati rutin melakukan pemantauan harga di pasar, rakor pengembangan inflasi, pasar murah TPID telah dilakukan sebanyak 5 kali, dan Gerakan Pangan Murah (GPM) TPID sebanyak 7 kali.


T.R Fahsul Falah selama kepemimpinannya di Sinjai, telah mencanangkan beberapa kegiatan unggulan, seperti inovasi pengelolaan sampah plastik, mengangkat produk industri gula aren "Golsin", dan industri pengolahan kopi.


Terkait penanganan pengangguran di Sinjai, T.R Fahsul Falah memaparkan upayanya selama Triwulan II, yakni telah melakukan pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja dan pengangguran, penyediaan informasi lowongan kerja, melakukan pendataan lowongan kerja pada perusahaan, dan pelaksanaan kegiatan bursa kerja atau Job Fair. 


Ekonoomi Sinjai Tertinggi Ke-3 Di Sulsel 

Terkait laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sinjai, dapat dibilang mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan keberhasilan dalam upaya pembangunan ekonomi daerah. Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai.


Disebutkan, pertumbuhan ekonomi Sinjai pada tahun 2023 mencapai 5.71 persen. Angka ini meningkat dibanding tahun 2022 lalu sebesar 4,87 persen Bahkan diangka tersebut menempatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sinjai berada pada posisi tiga besar di Sulawesi Selatan. 


Tak hanya itu, angka ini cukup menggembirakan karena berada diatas angka pertumbuhan rekonomi Provinsi Sulsel yang sebesar 4,51 persen dan angka nasional sebesar 5,05 persen. Artinya, Sinjai pada posisi perinkat ke-3 di Sulsel.


Selain itu, beberapa faktor lainnya seperti dilihat dari angka kumulatif PDRB baik atas dasar harga berlaku dan PDRB harga konstan mrngalami kenaikan. Realisasi pendapatan dan pajak daerah yang meningkat juga menjadi faktor pertumbuhan ekonomi di Sinjai. 


Pergerakan ekonomi, juga menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi di Sinjai pada tahun 2023 lalu seperti dengan peringatan Hari Jadi Sinjai yang berlangsung meriah dan persiapan pelaksanaan Pemilu.


Pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah juga menjadi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi seperti Pembangunan Alun-Alun Sinjai Bersatu, Taman Literasi dan peningkatan kualitas jalan yang sudah diaspal atau hotmix mengalami peningkatan. 


Tentang Angka Kemiskinan

Angka kemiskinan di Kabupaten Sinjai menunjukkan trend positif. Dari data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan tahun 2023 menurun menjadi 8,55 persen dari tahun 2022 diposisi 8,80 persen.


Penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Sinjai, menjadi bukti keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menekan jumlah penduduk miskin di Bumi Panrita Kitta.


Data BPS Sinjai, Kamis (07/03/2024) menyebutkan, terdapat penurunan angka kemiskinan di Sinjai 0,25 persen dari angka kemiskinan tahun 2022 lalu.


Program Review Home Visit

Salah satu pendekatan untuk mengevaluasi pembangunan yang mengendepankan parsipasimasyarakat, melalui kegiatan review home visit dan home care (HVHC), Jumat (17/05/2024) bertempat di Tribun Sinjai Bersatu.


Pelaksanaan program review atau evaluasi ini untuk melihat sejauh mana program kegiatan di Kabupaten Sinjai memberikan manfaat kepada masyarakat, kemudian dari sisi pemerintah bisa dilihat dari efektivitas baik dalam penggunaan anggaran. Yang paling utama adalah manfaatnya untuk masyarakat Sinjai.


Dalam kaitannyaini, TR Fahsul Falah menyampaikan apresiasinya,. terlebih kepada masyarakat yang merupakan penilai pada program kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan sejak beberapa tahun.


Digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Sinjai, Program review Home Visit, Home Care ini bekerjasama dengan Kemendagri dan Kosso Nippon serta Yayasan Nusantara Sejati. 


Peserta program review adalah warga penilai sejumlah 27 orang, masing-masing tiga orang per kecamatan yang dipilih secara acak dari data penduduk Kabupaten Sinjai.


Atensi Atasi Banjir

Mengantisipasi intensitas curah hujan yang begitu tinggi yang mengakibatkan banjir dan longsor beberapa pekan terakhir ini di Sinjai, Tr Fahsul Falah dengan blusukan turun langsung memantau, mengawal dan bahkan turun angsung menyingsingkan lengan baju untuk membersihkan kanal yang lagi mapet.


Sperti yang dilakukan saat pembersihan drainase/kanal yang ada di Kecamatan Sinjai Utara terus digenjot oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, jumat (17/05/2024) lalu.


Dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah, pembersihan kanal oleh satgas tanggap darurat Pemkab Sinjai kali ini dilakukan di 2 Kelurahan, yakni Balangnipa dan Biringere.


Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Sinjai menyampaikan bahwa pembersihan drainase tersebut akan terus digenjot setiap hari hingga 30 Mei mendatang. Sehingga dengan upaya itu, T.R mengharapkan agar tidak ada lagi genangan air di area kota saat hujan tiba.


Tidak hanya kanal yang dibersihkan, akan tetapi pemangkasan pohon juga intens dilakukan.



Sepekan sebelumnya, Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah tidak henti-hentinya mengimbau masyarakatnya agar selalu waspada dengan intensitas curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ini.


Menurutnya, dengan curah hujan yang tinggi dapat mengakibatkan terjadinya tanah longsor dan banjir.Dia  mengajak seluruh masyarakat agar selalu waspada.


Terkhusus bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor agar jeli melihat situasi demi menghindari hal-hal yang tidak dinginkan. Begitu pula dengan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai atau di pesisir pantai supaya juga selalu waspada.


Pertahankan Opini WTP

Untuk yang ke-8 kalinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai berhasil meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (Opini WTP).


Predikat tersebut untuk pertama kalinya diraih sejak roda kepemimpinan di Kabupaten Sinjai berada di tangan Penjabat (Pj) Bupati T.R. Fahsul Falah.


Capaian itu diraih Kabupaten Sinjai setelah menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkab Sinjai Tahun Anggaran 2023.


Dokumen LHP-LKPD diterima langsung oleh Pj Bupati Sinjai dari Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sulawesi Selatan di Makassar, Rabu (22/05/2024).


Usai dinyatakan dengan predikat Opini WTP, T.R mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian Pemkab Sinjai yang berhasil dipertahankan dari tahun ke tahun.


“Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Sinjai berhasil meraih predikat Opini WTP dari BPK-RI,” ungkap T.R. Fahsul Falah.


Capaian tersebut dikatakan Pj Bupati, merupakan buah dari hasil kerja keras yang telah dilakukan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sinjai dalam penggunaan anggaran.


Karenanya itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Sinjai atas konsistensinya dalam penyampaian LKPD sehingga predikat Opini WTP dapat dipertahankan.


Saat menerima dokumen LHP-LKPD di Makassar, Pj Bupati Sinjai turut didampingi  Ketua DPRD Sinjai, Lukman H. Arsal.


Riwayat  Karir

 TR. Fahsul Falah sendiri merupakan pria kelahiran Aceh Timur, pada 1 Januari 1974. Dirinya menyandang gelar S.Sos., M.Si.


Pria yang kini berusia 49 tahun itu mengenyam pendidikan Sekolah Dasar (SD) di SDN 1 Kutacane Aceh Tenggara 1986, Tapaktuan Aceh Selatan 1989.


Di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) TR. Fahsul Falah bersekolah di SMPN 1 sedang Sekolah Menengah Atas (SMA), di A1 (Fisika) SMAN 1 Tapaktuan Aceh Selatan 1992.


Usai lulus, TR. Fahsul Falah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, yakni D3 Ilmu Pemerintahan STPDN 1995, S1 Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah STIA-LAN RI 1999 serta S2 Keuangan Daerah MEP-UGM 2001.


Untuk jenjang karirnya, TR. Fahsul Falah pernah menjabat sebagai Kasubbid Formasi pada BKD Aceh Selatan tahun 2021-2003. Kemudian menjabat Camat Labuhanhaji Timur, Aceh Selatan, pada 2003-2005.


Selanjutnya ia menjabat Kabid Informasi Data pada BKD Aceh Selatan pada 2005-2008. Kabid Evaluasi dan Litbang pada BAPPEDA Aceh Selatan 2008-2009.


Setelah itu, Kabag Pengolahan Data Elektronik pada SETDAKAB Aceh Selatan pada 2009-2010, lalu Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Kekayaan Daerah Aceh Selatan pada 2010-2012.


Fahsul juga pernah menjabat Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Aceh Selatan 2012-2013, lalu jadi Widyaiswara pada 2015-2016.


Kepala Bidang Diklat Teknis Fungsional Pada 2016-2018 dan pernah menjabat Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional, Pelaksana, Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, DPRD dan Lurah Kemendagri pada 2018-2020.


Putra asal Aceh ini juga dipercaya sebagai Kepala PPSDM Kemendagri Regional Makassar 2020-2022, dan selanjutnya ditunjuk sebagai Sekretaris BPSDM Kementerian Dalam Negeri pada 2022-2023.


Saat ini dirinya juga dipercayai menjabat sebagai Kepala Pusat Strategi Kewilayahan, Kependudukan dan Pelayanan Publik Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri.


Selama karirnya, Fahsul juga telah menorehkan sejumlah prestasi yang diganjar dengan beberapa penghargaan, diantaranya:

1. penghargaan atas Apresiasi dan Partisipasi yang telah diberikan Dalam Rangka Kesuksesan Kontingen PKA IVIV Kemendagri tahun 2004 dari Bupati Aceh Selatan.

2. Penghargaan atas Prestasi yang diperolehnya Lulus Peringkat II dengan Predikat Memuaskan 2006 dari Kepala Pusdiklat Regional | Bukit Tinggi.

3. Penghargaan Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun dari Presiden RI, selanjutnya penghargaan atas Kontribusi Interaksi dan Partisipasi yang diberikan dalam Menyukseskan Penyelenggaraan Program Diklat Pim II selaku Bendahara 2012 dari Deputi Bidang Diklat SPIMNAS.

4. Penghargaan Satya Lencana Karya Satya XX Tahun 2016 Presiden RI, Ucapan Terima Kasih dan kerjasamanya terkait teknis JFAIPP 2020 dari Dir Pengamanan Perdagangan DirJend Perdagangan Luar Negeri.

5. Penghargaan Nilai IKPA Terbaik 2022 Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tipe A1 Makassar dan Penghargaan Satya Lencana Karya Satya XXX Tahun 2023 Presiden RI.


Akhirnya.

Hingga  Mei 2024, masa kepemimpinannya di Kabupaten Sinjai telah terhitung selama kurang lebih Sembilan bulan. Berbagai program pun telah dilakukan, hal itu buktikan keberhasilan T.R Fahsul Falah merealisasikan 8 program dan kegiatan unggulan lainnya.


Tentunya, semua kinerja tersebut berjalan sukses dengan dibantu sejumlah lintas sektor di Kabupaten Sinjai mulai dari Forkopimda, Anggota DPRD, para Kepala OPD, instansi vertikal, BUMN/BUMD, ormas dan masyarakat Sinjai. 


Suksesnya penyelenggaran pelaksanaan pemilu pada bulan Februari lalu merupakan tantangan awal yang berhasil dilalui dengan baik.  Dalam pengendalian inflasi, Pemkab Sinjai berhasil menekan dan berada dibawah rata-rata nasional di awal tahun. 


Ini tidak lepas dari berbagai program yang dilakukan seperti pemantauan harga kebutuhan pokok secara rutin,  pelaksanaan pasar dan Gerakan Pangan Murah yang dampaknya dirasakan masyarakat serta program lainnya. 


Mari bersama mendukung dan mengawal kepemimpinan TR Fahsul Falah di Sinjai hingga masa jabatannya berakhir. (Maman/AIM)

×
Berita Terbaru Update