Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Puluhan Penyuluh Pertanian dan Petani Di Sinjai Ikut Bimtek Pertanaman Cabe

| Februari 29, 2024 WIB

 

Pembukaan Bimtek Pertanaman Cabe oleh Pj. Bupati Sinjai TR. Fahsul Falah (foto: humas)


Kabardesa.co.id, Sinjai - Puluhan penyuluh pertanian dan petani di Sinjai diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait dengan pertanaman Cabe. 


Kegiatan yang digelar oleh Dinas Tanaman Pangan, Holtikulturan dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Sinjai  ini dibuka oleh Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah yang berlangsung di Aula Pertemuan Wisma Sanjaya Sinjai, Rabu (28/02/2024). 


Bimtek pertanaman cabe ini sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam peningkatan produksi cabe. 


Kepala Dinas TPHP Sinjai, H. Kamaruddin, menjelaskan bahwa bimtek ini diinisiasi berdasarkan arahan dari Pj Bupati Sinjai sejak tahun 2023, namun baru dapat dilaksanakan pada tahun 2024 karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.


"Kegiatan ini akan kita maksimalkan dalam ruangan satu hari dan selebihnya langsung praktek di lapangan. Hari ini kita berbicara bagaimana budidaya cabe yang bagus tetapi kedepan kita harapkan bagaimana bisa menghasilkan cabe kualitas baru," ujarnya. 


Sementara itu, Pj. Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah mengapresiasi pelaksanaan bimtek ini dan menegaskan pentingnya praktek langsung di lapangan daripada hanya berkutat pada teori di dalam ruangan.


"Tidak usah terlalu lama dikelas atau dalam ruangan, tetapi yang perlu adalah praktek di lapangan. Seperti itu seharusnya. Teori langsung praktek, jangan kita hanya asyik berteori tapi minim praktek," ujarnya. 


Pada kesempatan itu pula, T.R Fahsul Falah memberikan motivasi dan semangat kepada kelompok tani dan penyuluh untuk terus maju. Dia bahkan menyampaikan cerita inspiratif tentang Idrayani, seorang penyuluh swadaya asal Aceh yang dihadirkan di Kabupaten Sinjai untuk menjadi narasumber pada bimtek tersebut. 


Pria asal Gampong Pucok Krueng, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Selatan, dulunya, kata T.R Fahsul Falah tidak ada apa-apanya, tetapi sekarang tumbuh menjadi luar biasa. Dia bahkan sukses meraih penghargaan nasional dari Kementerian Pertanian RI pada tahun 2022 lalu. 


(Humas Kominfo-Noka)


×
Berita Terbaru Update