Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Program Toilet Bersih Pemprov Sulbar di Layanan Kesehatan, Ini Daftar Puskesmas Toilet Terbersih

| Februari 28, 2024 WIB

Pj.Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh saat meninjau layanan Toilet bersih pemprov Sulbar.(foto frd)


Kabardesa.CO.ID.MAMUJU SULBAR-- Tim Satgas Program Toilet Bersih telah merilis hasil penilaian program toilet bersih di pusat layanan Kesehatan se Sulawesi Barat. Hasilnya tiga Fasyankes Se Sulbar akan mwraih penghargaan dari Pj Gubernur Sulbar.  


Program Toilet Bersih merupakan salah satu insiatif Pj Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh, mendorong seluruh OPD dan pusat layanan publik dan layanan kesehatan  melakukan gerakan Tolsih khususnya toilet. 


Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat  Asran Masdy, mengatakan tim satgas OPD pengusung program tolsih dan timnya  telah melakukan penilaian di seluruh pusat layanan kesehatan di enam kabupaten se Sulbar dengan sasaran Puskesmas se Sulbar.


"Kami bersama tim satgas telah melakukan penilaian di layanan kesehatan tepatnya di 12 Puskesmas se Sulbar, Penilaian ini kami lakukan untuk memastikan setiap toilet di Puskesmas yang ada di Sulawesi Barat tetap bersih dan nyaman untuk masyarakat," ucapnya.


Dari penilaian yang dilakukan, terpilih 12 puskesmas dari enam kabupaten yang telah memenuhi kriteria Tolsih dan telah diumumkan sebagai berikut yaitu : 


Kabupaten Polewali Mandar

1. Puskesmas Mapilli

2. Puskesmas Wonomulyo

3. Puskesmas Matangga


Kabupaten Pasangkayu

1. Puskesmas Sarudu I

2. Puskesmas Lariang

3. Puskesmas Bambaira


Kabupaten Majene

1. Puskesmas Lembang

2. Puskesmas Banggae I

3. Puskesmas Banggae II


Kabupaten Mamuju Tengah

1. UPTD Puskesmas Pangale


Kabupaten Mamasa

1. Puskesmas Aralle

2. Puskesmas Mamasa


Ia mengatakan, Kriteria penilaian Toilet Bersih dan Sehat yang digunakan meliputi, Toilet bersih dan nyaman, dengan lubang closet tertutup, ketersediaan air bersih yang cukup, dan tanpa bau.


Kemudian Toilet terpisah untuk laki-laki dan perempuan, Cahaya dan ventilasi yang memadai.

Termasuk Luas ventilasi mencapai 30% dari luas lantai, dengan pencahayaan yang cukup.


Yang terpenting menurutnya, adalah bagaimana kebersihan toilet dan tidak ada genangan air atau jentik nyamuk pada bak kamar mandi dan toilet. Tersedia sarana cuci tangan, sabun, dan tempat sampah di dalam toilet. Tidak adanya kerak hitam/menguning pada lantai dan dinding toilet. Fasilitas mudah dijangkau oleh semua orang, termasuk kelompok disabilitas.


Sehingga dari hasil penilaian tersebut, terpilih  6 Tolsih terbersih dari masing-masing kabupaten se sulawesi barat adalah yaitu. 


"Terbaik I itu diraih Puskesmas Lembang dengan skor : 100 dari Kabupaten Majene. Terbaik II Puskesmas Durikumba dengan skor : 9,5 dari Kabupaten Mamuju Tengah. Terbaik III Puskesmas Matangga ( skor : 90) dari Kabupaten Polewali Mandar," ujarnya.


"Hal ini diharapkan akan memajukan program Kabupaten Kota Sehat (KKS) di Sulawesi Barat," ujarnya. (hikma)

×
Berita Terbaru Update