Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Festival Buah Warnai Peringatan Hari Jadi Sinjai Ke-460

| Februari 27, 2024 WIB

Suasana Festival buah yang dilaksanakan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) dalam memperingati HJS ke-460 (Nurzaman/KabarDesa.co.id)


Kabardesa.co.id
, SINJAI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) menggelar Festival Buah dalam memeriahkan Hari Jadi Sinjai (HJS) Ke-460 Tahun, Senin (26/02) siang.

Berbagai komoditi buah lokal Sinjai dipamerkan dan diperlombakan dalam kegiatan ini, mulai dari buah rambutan, durian, manggis, nangka, semangat, buah naga, dan lain sebagainya.

Festival buah tersebut dihadiri langsung Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah bersama istri, Cut Resmiati yang bertindak sebagai dewan juri.

Sebagai penanggung jawab kegiatan, Kepala DTPHP Sinjai H. Kamaruddin menjelaskan, ajang ini menjadi sarana untuk memperkenalkan kepada khalayak terkait potensi buah lokal yang ada di Kabupaten berjuluk Bumi Panrita Kitta.

“Festival buah ini kita harapkan bisa mendeteksi buah-buahan lokal Sinjai yang cukup potensial. Kita ingin melihat bagaimana cita rasa buah di Sinjai. Sinjai ini sangat potensi untuk komoditi buah durian, rambutan, manggis, nangka, buah naga. Harapan kita mudah-mudahan dengan festival buah menjadi cikal bakal untuk bisa kita angkat buah lokal menjadi komoditi unggulan,” ucapnya.

Sementara Pj Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah mengaku takjub melihat potensi buah yang dinilai cukup menjanjikan di Kabupaten Sinjai.

Lewat kesempatan ini, ia langsung mengangkat 2 orang petani buah yang masing-masing menjadi penyuluh pertanian swadaya untuk “Rumah Belajar Semangka” dan “Rumah Durian”.

Sebagai contoh, Pj Bupati menjelaskan durian sebagai buah yang punya potensi untuk dikembangkan di Sinjai karena punya berbagai macam varietas dan rasa yang dapat memanjakan lidah penikmatnya.
Olehnya itu, T.R berpesan kepada penyuluh pertanian agar dapat melihat buah sebagai potensi yang menjanjikan, khususnya dalam hal kualitas dan kuantitas.

“Yang terpenting adalah kualitas dan kuantitas buah. Bagaimana penyuluh-penyuluh ini bisa terus berinovasi meningkatkan kualitas dari rasa dan kuantitas dari segi jumlah produksinya. Seperti salah satunya durian, ini curian cukup bagus. Ada beberapa varietas yang bisa dijadikan sebagai durian unggulan,” pesannya. (Humas Kominfo-man/Adv.KD)

×
Berita Terbaru Update