Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Diskominfosandi Berkomintmen Realisasikan Program Prioritas Pj Bupati Sinjai Melalui SPBE

| Januari 12, 2024 WIB

Gedung Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sinjai (foto dok)


Kabardesa.co.id
, SINJAI – Penerapan System Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang telah dilaunching tahun 2023  akan diterapkan pada tahun 2024 hingga ke pemerintah kecamatan dan desa.
Dr.Mansyur, Kadis Kominfosandi Sinjai, Jumat (12/01/2024) menjelaskan, Sistem ini meliputi program pelayanan publik berbasis digital dengan menggandeng Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang dikelola Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Sinjai.

Dijelaskan, penerapan SPBE merupakan salah satu sistem pemerintahan sekaligus untuk mendukung program prioritas Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah dalam hal pelayanan publik dengan sistem digitalisasi.

 “Aplikasi Srikandi bagian dari SPBE, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan transparan melalui pengelolaan arsip autentik dan terpercaya. Seluruh OPD sudah jalan, ini mendukung pelayanan publik berbasis digital. Tinggal Kecamatan dan Desa,” katanya.

Sistem ini lanjut dia, memiliki keunggulan karena sudah benar-benar tidak menggunakan kertas, mulai dari pembuatan surat, kemudian paraf surat hingga tanda tangan dilakukan dengan sistem elektronik. “SPBE tersebut mempermudah pelayanan publik, sebab persuratan yang biasanya memakan waktu 2-3 hari akan selesai dalam waktu sehari saja,” tandas Mansyur.

Dia menambahkan, karena semuanya persuratan dengan system elektronik, maka tanda tangan untuk persuratan itu juga dilakukan dengan sistem elektronik, sehingga dimanapun pejabat yang berwenang bisa untuk langsung menandatangani.

Pelayanan publik berbasis digital memang merupakan salah satu program prioritas Pj Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah. Salah satu terobosan yang saat ini juga telah berjalan adalah Mal Pelayanan Publik (MPP) elektronik. Hanya menggunakan Ponsel, pelayanan publik dapat diakses masyarakat dari manapun. (Man)

×
Berita Terbaru Update