Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Nasim Khan Anggota Komisi VI DPR RI Blusukan ke Desa Bantu Modal Usaha Dagang ke Masyarakat Miskin

| September 30, 2023 WIB

 

Nasim Khan ketika memberikan tali asih kepada masyarakat miskin yang lumpuh (Heru Hartanto/KabarDesa.co.id)

KabarDesa.co.id – SITUBONDO JATIM - H. M. Nasim Khan Anggota DPR RI dari Dapil Jatim III (Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi), mendatangi rumah pasangan suami istri bernama Rusdan (66) dan istrinya Rustima (63), KP Sokparse Rt 02 RW 08, Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, yang menderita kelumpuhan akibat stroke selama sembilan tahun, Sabtu (30/9/2023).


Pasangan suami istri tersebut, kini tinggal bersama anak perempuannya Fatmawati (43) yang menjanda akibat ditinggal oleh suaminya karena merawat kedua orang tuanya yang lumpuh akibat stroke. Untuk keperluan sehari – hari keluarga tersebut hanya mengandalkan uluran tangan tetangga dan hutang mingguan dari satu koperasi ke koperasi lainnya.


“Salah satu kewenangan yang melekat pada wakil rakyat, yaitu fungsi pengawasan dibidang anggaran dan melakukan serap aspirasi ke masyarakat arus bawah. Ternyata ketika kita menyerap aspirasi masyarakat di arus bawah masih banyak temukan di daerah – daerah terutama di daerah Kabupaten Situbondo masyarakat yang belum mendapat jaminan ekonomi dan jaminan kesehatan dari Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan pemerintah pusat,” jelas Nasim Khan.


Dengan fakta dilapangan itu, sambung Nasim Khan, pihaknya berkesimpulan bahwa bantuan pemerintah itu tidak mendapat kawalan yang benar dari Pemkab, Provinsi, DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR RI. “Fakta dilapangan ternyata masih banyak bantuan – bantuan tersebut tidak tepat sasaran. Ini tentu menjadi PR bagi kita bersama untuk menyalurkan program dari pemerintah pusat tepat sasaran ke masyarakat yang berhak menerimanya. Fakta dilapaangan masih banyak masyarakat kita belum pernah mendapat bantuan jaminan ekonomi, jaminan kesehatan dari pemerintah, karena tidak masuk dalam data base,” tuturnya.


Selanjutnya, untuk membantu meringankan beban Fatmawati dalam menjalani kehidupan sehari-hari, Nasim Khan membuka usaha dagang di depan rumahnya. “Keluarga Mbak Fatmawati ini hanya mendapat bantuan PKH dari pemerintah. Padahal, keluarga ini harus mendapat bantuan lainnya dari pemerintah. Untuk itu, Mbak Fatmawati kita bantu modal usaha dagang di depan rumahnya agar bisa merawat kedua orang tuanya yang lumpuh,” pungkas Nasim Khan.


Sementara itu, dalam merawat kedua oramg tuanya yang lumpuh Fatmawati hanya bisa melakulan alakadarnya. “Ayah harus diamputasi pada tahun 2014 dan ibunya menderita kelumpuhan sejak setahun terakhir. Saya anak satu – satunya, jadi selama saya merawat ayah dan ibu, saya tidak bisa bekerja maksimal karena tidak bisa meninggalkan kedua orang tua saya,” ujarnya.


Tak hanya itu yang disampaikan Fatmawati, namun dia berterima kasih kepada Bang Nasim Khan yang sudah meluangkan waktu datang untuk melihat secara langsung ayah dan ibu yang lumpih. “Saya berterima kasih kepada Bang Nasim Khan yang memberikan modal untuk usaha dagang. Semoga Bang Nasim Khan kembali terbilih menjadi Anggota DPR RI pada Pileg 2024 mendatang,” kata Fatmawati. (*)

×
Berita Terbaru Update