Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Dianggap Tak Penuhi Janji, Ratusan Warga Bone Raya Geruduk Kantor PT Gorontalo Minerals

| Agustus 03, 2023 WIB

 

Aksi Demo Warga di PT Gorontalo Minerals (foto:Noka) 


Kabardesa.co.id, BONE BOLANGO - Dianggap tak penuhi janji, warga di Kecamatan Bone Raya menggeruduk Kantor PT Gorontalo Minerals yang terletak di Desa Alo Kecamatan Bone Raya, Rabu (2/8/2023).


Massa aksi yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Tambang Bone Pesisir (FMPTB) dan Persatuan Aksi Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Bone Bolango Gorontalo (PAPMIB-G) itu menggelar unjuk rasa menyampaikan aspirasinya dalam pengawalan ketat aparat Kepolisian dibawah pimpinan langsung Kapolres Bone Bolango AKBP Muhammad Alli.


Oleh massa aksi, PT Gorontalo Minerals dianggap tidak pernah memenuhi janji yang telah disepakati dengan warga yang terdampak aktivitas pertambangan PT Gorontalo Minerals, diantaranya penyediaan sarana air bersih dan pembayaran tanah dengan harga yang sesuai.


Lion Hidjun (memakai peci hitam) saat orasi (foto:Noka)


"Perlu kami sampaikan bahwa aksi kami pada hari ini adalah aksi damai untuk menyampaikan (kembali) aspirasi yang sudah lama kami sampaikan yang hingga hari ini tidak pernah diindahkan oleh PT Gorontalo Minerals," ungkap Lion Hidjun dalam orasinya sebagai salah satu Koordinator Aksi.


Selain itu, Lion menuntut agar Presiden Direktur PT Gorontalo Minerals yang menjawab aspirasi mereka sebagai orang yang bertanggungjawab penuh atas segala keputusan perusahaan.


"Kami minta Presiden Direktur PT Gorontalo Minerals sebagai orang yang bertanggungjawab untuk menjawab aspirasi ini," sambungnya.


Bahkan, massa aksi mengancam jika aspirasi mereka tidak dijawab, maka mereka akan menutup segala aktivitas PT Gorontalo Minerals di Kecamatan Bone Raya.


"Jika hari ini tidak dijawab, maka kami akan  menutup aktivitas PT Gorontalo Minerals," tegas Lion.


Kapolres Bone Bolango AKBP Muhammad Alli saat menemui massa aksi (foto:Noka)


Aksi demo semakin memanas saat massa aksi membakar ban bekas tepat didepan pintu masuk PT Gorontalo Minerals yang dijaga ketat aparat Kepolisian dan pihak Security PT Gorontalo Minerals.


Audiensi PT Gorontalo Minerals dengan perwakilan massa aksi (foto:Noka)


Namun, aksi yang nyaris rusuh itu mulai terkendali setelah Kapolres Bone Bolango AKBP Muhammad Alli melakukan pendekatan persuasif dan meminta beberapa perwakilan massa aksi untuk beraudiensi dengan pihak PT Gorontalo Minerals yang diwakili oleh Manajer Eksternal, Didik Budi Hatmoko. (Noka)



×
Berita Terbaru Update