Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Dikunjungi Tim Penilai ADWI 2023, Ini Profil Singkat Desa Wisata Hiu Paus Botubarani

| Juli 06, 2023 WIB

 

Tim Penilai ADWI 2023 (kaus abu-abu) didampingi Sekda Bone Bolang dan Kadis Pariwisata Bone Bolango saat memasuki kawasan wisata hiu paus Botubarani (foto:Noka)


Kabardesa.co.id, BONE BOLANGO GORONTALO - Tim Penilai Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mengunjungi Desa Botubarani yang merupakan satu-satunya lokasi wisata hiu paus di Gorontalo. Kunjungan Tim Penilai ADWI dari Kemenparekraf RI ini dalam rangka melihat langsung keberadaan wisata hiu paus di Botubarani Gorontalo, Kamis (6/7/2023).


Untuk diketahui, Tim Penilai ADWI dari Kemenparekraf RI tersebut yaitu Prof. Azril Azhari selaku Pembina Dewan Juri ADWI 2023 dan Putu Ayu Anggraini selaku Anggota Dewan Juri ADWI 2023. Kunjungan Tim Penilai ADWI dari Kemenparekraf RI tersebut diterima langsung oleh Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma didampingi Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango, Muh. Yamin Abbas dan Camat Kabila Bone Dahlan Tomelo. 


Lalu apa saja keunggulan yang dimiliki oleh wisata hiu paus Botubarani ini sehingga dinominasikan sebagai salah satu penerima ADWI 2023 ?. Yuk, simak profil singkat desa wisata hiu paus Botubarani yang dirangkum dari paparan pengelola wisata hiu paus Botubarani dihadapan Tim Penilai ADWI 2023 dari Kemenparekraf RI.


Botubarani adalah salah satu desa yang berlokasi tepat menghadap ke teluk tomini. Desa ini termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo dan menjadi tempat berkumpulnya ikan terbesar di dunia yakni hiu paus. Sejak tahun 2016 – 2023, tercatat 53 ekor hiu paus yang berbeda pernah datang ke wisata minat khusus hiu paus Botubarani, Gorontalo.


Tim Penilai ADWI 2023 bersama Sekda Bone Bolango dan Kadis Pariwisata Bone Bolango melihat langsung Hiu Paus (foto: Onal/Prokopim)


Memiliki keunggulan sebagai satu-satunya di dunia tempat wisata hiu paus dengan akses yang sangat mudah, jarak hiu paus dengan pantai hanya 25 meter, Desa wisata Botubarani juga telah mendapatkan peringkat ke 5 nasional sebagai desa inovasi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tahun 2021 lewat inovasi virtual tour hiu paus Botubarani Gorontalo.


Namun, masih banyak hal yang harus menjadi perhatian seluruh pihak utamanya pemerintah dan pengelola Desa Wisata Hiu Paus Botubarani, diantaranya perlunya peningkatan sumber daya manusia pengelola wisata hiu paus lewat pelatihan tata kelola wisata, mengingat lokasi ini di kelola oleh kelompok masyarakat desa botubarani.


Meski demikian secara umum wisata hiu paus telah memberikan dampak yang cukup baik pada sektor ekonomi. Valuasi ekonomi wisata hiu paus tahun 2022 tercatat Rp395.025.000 dari kunjungan wisatawan berjumlah 12.475 orang.



Dilokasi wisata hiu paus sendiri, ada beberapa atraksi yang menjadi daya tarik pengunjung diantaranya wisata perahu bersama hiu paus, wisata snorkling/berenang bersama hiu paus dan diving/menyelam bersama hiu paus. Selain itu pengunjung bisa menikmati virtual tour bersama hiu paus Botubarani Gorontalo dan mural hiu paus desa Botubarani.


Dari aspek seni budaya ada tarian tradisional langga dan atraksi paiya lohungo lopoli serta life experience menjadi nelayan pesisir Bone Bolango.


Tak hanya itu, terdapat homestay di lokasi sekitar wisata minat khusus hiu paus yang siap menjadi tempat tinggal bagi para wisatawan. Ketersediaan sarana toilet juga menjadi salah satu perhatian khusus pengelola dimana di lokasi wisata minat khusus hiu paus botubarani memiliki 3 gedung toilet dengan kapasitas ruang toilet berjumlah 12 buah.


Bagi mereka yang hobi menikmati kuliner dipinggir pantai, tidak perlu khawatir karena di wisata hiu paus tersedia beragam kuliner yang dijamin bakal menambah semangat para pengunjung saat menikmati suasana di wisata hiu paus antara lain, pisang goroho dabu-dabu tuna, makanan sea food seperti ikan bakar oci dan tuna serta cumi / suntun, aneka makanan ringan, es kelapa muda dan kopi organik pinogu.



Pengunjung yang ingin memiliki kenang-kenangan saat berkunjung ke wisata hiu paus Botubarani,  tersedia kaus dengan tema hiu paus dan beragam aksesoris dan souvenir hiu paus. Aksesoris dan beragam souvenir replika hiu paus ini terbuat dari sampah kayu dan plastik yang hanyut ke kawasan wisata hiu paus yang sudah didaur ulang menjadi produk bernilai oleh pengelola dan masyarakat disekitar lokasi wisata hiu paus.


Bagi mereka yang ingin mengetahui informasi tentang wisata hiu paus, dapat melihat melalui akun media sosial diantaranya melalui email wsharkbotbar@gmail.com atau website : http://whaleshark-gorontalo.com. Informasi lainnya juga dapat dilihat di akun instagram : hiupausgorontalo, facebook : hiu paus gorontalo atau youtube : hiu paus whale shark gorontalo dan tiktok : @hiupaus_gorontalo.

(Noka)

×
Berita Terbaru Update