Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Bantuan Kube Dinsos Bone Tahun 2022 Diduga Ada Markup Harga

| Juli 15, 2023 WIB

Beberapa jenis barang yang diterima pada tahun 2022

BONE,KABARDESA.co.id,- Dinas Sosial Kabupaten Bone kembali memberikan bantuan alat pengembangan usaha kepada 52 Kelompok Usaha Bersama ( KUBE ) yang diserahkan langsung oleh Bupati Bone, H.A.Fahsar M Padjalangi di areal Rujab Bupati pada tanggal 10 Juni kemarin dengan anggaran lebih dari 1 Milyar pada tahun 2023.


Kadis Sosial mengungkapkan bahwa KUBE yang menerima bantuan alat pengembangan usaha ini adalah masyarakat yang tergolong tidak mampu dan ber-DTKS.


“Jadi minimal pengurusnya 3 orang ber-DTKS dalam satu kelompok. Dan diperuntukkan juga masyarakat yang punya keterampilan dan sudah dilatih oleh Dinas Ketanagakerjaan Kabupaten Bone,” ujarnya.


Jenis bantuan yang diberikan mantan Kadispeka Kabupaten Bone ini tergantung proposal masing masin kelompok.


“Jadi di sini, ada yang dibantu dengan alat mesin jahit, alat perbengkelan, alat percetakan, alat usaha kue, alat usaha bubu kepiting, alat usaha pencabut bulu ayam, alat usaha kedai makanan dan minuman dan alat pertukangan,” terangnya.


Tahun 2022 kemarin juga diberikan bantuan sebanyak 25 Kelompok dengan nilai anggaran ratusan juta rupiah, namun beberapa penerima diduga tidak melalui usulan desa tapi merupakan kedekatan emosional oknum kepala Bidang.


Hasil penelusuran kabardesa.co.id kepada ke beberapa penerima, diduga kuat adanya Korupsi,Kolusi dan Nepotisme ( KKN ) karena ditemukan adanya penerima bantuan yang tidak diketahui sama sekali oleh lurahnya, ada yang proposalnya dimasukkan penerima sesaat sebelum menerima bantuan dan bahkan ada penerima karena merupakan langganan cukur oknum kabid di Dinas Sosial berinisial ID.


Disekitaran kota Watampone, salah satu penerima bantuan bahkan hanya langsung menerima bantuan,segala persyaratannya diduga diuruskan semua oleh oknum Kepala Bidang karena langganan cukur.


" Pak kabid langganan cukur saya, dia sendiri yang tawarkan saya bantuan saat datang cukur, tidak ada saya urus dan langsung saja menerima" ujar salah satu penerima bantuan tahun 2022 beberapa waktu yang lalu.


Jenis bantuan yang diterima pun diduga kuat harganya jauh dibawah 25 juta sehingga diduga kuat adanya markup harga pada pertanggungjawaban.


" saya tahu semua harga barang, Kalau dilihat barang yang diberikan, 20 juta juga kayaknya tidak cukup tapi tetap disyukuri karena bantuan" ujar salah satu penerima tahun 2022  yang ditemui kabardesa.co.id.


×
Berita Terbaru Update