Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Panen Perdana Padi BK, Bung Karna Targetkan Situbondo Menjadi Lumbung Pangan Nasional

| Mei 23, 2023 WIB

Gubenur Jatim Khofifah, bersama Forkopimda ikut panen perdana padi BK di Situbondo
 

Situbondo Jatim, Kabardesa.co.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa didampingi Bupati Situbondo Karna Suswandi meninjau panen perdana padi  di Demfarm Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Selasa (23/5/2023).


Bupati Situbondo Karna Suswandi atau Bung Karna mengatakan, Panen padi perdana varietas baru BK-01 dan BK-02 agritan , dari areal 30.388 hektar yang disiapkan oleh Kabupaten Situbondo, ternyata mampu meningkatkan hasil panen hingga 200 persen.


"Biasanya dari 30.388 hektar menghasilkan 138.721 ton beras, tetapi pada panen padi BK ini kita  akan menghasilkan beras 489.655 ton beras, jadi peningkatannya sangat luar biasa, dan rata-rata kita akan bisa meningkat hingga 200 persen," kata Bung Karna.


Ia berharap, para petani betul-betul melakukan penanaman padi BK di bulan Oktober mendatang secara menyeluruh.


"Karena bibit padi varietas BK-01, BK-02 akan diberikan secara gratis secara keseluruhan dengan mengikuti SOP dan akan dikawal oleh teman - teman PPL di Kabupaten Situbondo, " tuturnya.


Bung Karna menjelaskan, Situbondo, pemilihan pengembangan benih padi varietas BK, karena sudah teruji benih padi tersebut tahan hama penyakit dan masa panen lebih pendek dibandingkan benih padi lainnya.


"Selain tahan hama penyakit, masa panennya hanya 77 hari, artinya lebih pendek dari masa panen padi pada umumnya yang mencapai hingga 100 hari, sehingga bisa di tanam empat kali dalam satu tahun. Sedangkan benih padi lainnya hanya mampu tiga kali tanam setahun, " jelas Bung Karna.

Khofifah sumringah melihat hasil produktifitas padi varietas BK-01 & BK-02

Dengan keberhasilan pengembangan dan produktifitas padi BK-01 dan BK-02 , Bung Karna ditahun depan menargetkan mejadikan  Kabupaten Situbondo secara Nasional.

Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa mengatakan, beberapa kali Presiden RI menyampaikan bahwa dunia saat ini mengalami tiga krisis salah satunya adalah krisis pangan.


"Bapak Presiden kemarin menyampaikan jika  masing-masing negara sekarang memaksimalkan bagaimana produksi pangan bisa diswasembadakan, kita bersyukur bahwa Jatim tiga tahun terakhir sejak 2022, 2021, 2022 produksi padi dan beras Jatim tertinggi diantara seluruh Provinsi di indonesia, " ucap Khofifah.


Kemunculan padi BK-01, BK-02 dari Kabupaten Situbondo  menurut Khofifah menjadi angin segar dan  harapan baru bagi produksi padi di Jatim, Iapun berharap BK-01/BK-02 tidak hanya untuk di Situbondo tetapi juga untuk daerah lain di Jawa Timur.


"Pada musim panen raya dibulan Maret dan April ada daerah Jatim yang ternyata panennya tidak seperti yang di harapkan, rupanya mereka membeli bibit padi dari  internet dan tidak cocok ketika di tanam di daerah-daerah itu, dengan adanya bibit padi BK yang memiliki keunggulan tertentu seperti tahan hama penyakit dan poduktifitasnya yang bagus tentu akan menjadi goodnews/berita baik bagi seluruh petani tak hanya di Jatim tapi juga bagi Petani di Indonesia, " puji Gubenur Jatim.


×
Berita Terbaru Update