Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Danramil 0823/11 Besuki Hadiri Prosesi Petik Laut dan Larung Sesaji

| Februari 05, 2023 WIB

 

Prosesi sedekah laut pelarungan sesaji disaksikan Bupati dan Wabup serta Forkopimka Besuki (Heru/KabarDesa.co.id)

SITUBONDO JAWA TIMUR, KabarDesa.co.id - Untuk membantu menjaga keamanan prosesi petik laut dan pelarungan gitek di laut Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Danramil 0823/11 Besuki Lettu Kav Suyitno hadir dalam acara Tradisi Petik Laut dan pelarungan gitek tersebut, Minggu (5/2/2023).

 

Bukan hanya Danramil Besuki saja yang ikut menghadiri prosesi Petik Laut dalam rangka Selamatan Desa Pesisir tersebut. Namun, turut hadir Bupati Situbondo Drs Karna Suswandi, M.M., Wakil Bupati Situbondo Hj Khoirani, S.Pd, M.M., Camat Besuki Taufan Andika Jaksana, S.STP, M.Si., Kapolsek Besuki, AKP M Sulaiman, S H., Habib Mustofa Al Hirid, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat Desa Pesisir serta warga masyarakat Desa Pesisir.

 

Bupati Situbondo Drs Karna Suswandi, M.M., dalam sambutan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kecamatan Besuki dan Pemerintah Desa Pesisir yang masih mempertahankan budaya Petik Laut ini. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Situbondo, saya sangat mendukung dengan tradisi Petik Laut peninggalan pendahulu kita,” jelas Bupati Situbondo yang akrab di sapa Bung Karna.

 

Dengan dilaksanakan kegiatan ini, sambung Bupati Karna, maka tradisi larung sejaji menggunakan gitek tetap lestarikan. “Tradisi larung sesaji ke tengah laut peninggalan nenek moyang yang bekerja sebagai nelayan, tidak mudah untuk dihilangakan begitu saja. Buktinya, hingga saat ini tradisi larung sesaji bagi kehidupan nelayan di Kabupaten Situbondo maupun di masyarakat nelayan se Indonesia masih bertahan,” jelasnya.

 

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, lanjut Bung Karna, semoga bisa membawa barokah bagi masyarakat nelayan Desa Pesisir yang mencari ikan ke tengah laut. “Tradisi sedekah laut atau petik laut ini, semoga mendapat berkah dari Allah SWT dan permintaan nelayan mendapat ikan banyak selalu di kabulkan oleh Allah SWT,” pungkas Bupati Situbondo, mengakhiri sambutannya.

 

Ditempat yang sama. Danramil 0823/11 Besuki Lettu Kav Suyitno mengatakan, tujuan tasyakuran Petik Laut dan Pelarungan Gitek yang dilaksanakan masyarakat nelayan Desa Pesisir ini, dalam rangka selamatan desa dan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

 

“Dengan dilaksanakannya sedekah laut ini, para nelayan Desa Pesisir berharap dalam bekerja di tengah laut mendapat  keselamatan dari Allah SWT dan hasil tangkapan ikannya melimpah. Sedekah laut ini diselenggarakan rutin setiap tahun oleh Pemerintah Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo,” jelas Danramil Besuki Lettu Kav Suyipno. (Heru/Kabdes)

×
Berita Terbaru Update