Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Dispora Buteng Siapkan 600 Juta untuk Porprov XIV Sultra

| Oktober 26, 2022 WIB

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Buton Tengah, Syamsuddin. Foto. IST

KABARDESA.CO.ID, BUTON TENGAH - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) telah menyiapkan anggaran sebesar 600 juta rupiah, untuk menghadapi momen perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) XIV yang akan digelar di Kabupaten Buton dan Kota Baubau bulan November mendatang.

 

“Di APBD induk tahun 2022, anggaran yang disiapkan hanya 100 juta rupiah. Tapi di APBD Perubahan tahun 2022 ini kita di tambahkan lagi sebesar 500 juta rupiah, ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Buton Tengah, Syamsuddin dikonfirmasi Rabu, (26/10/2022).

 

Mantan kepala dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten buton tengah ini mengatakan, total anggaran yang disiapkan untuk menghadapi porprov nanti itu sebesar 600 juta rupiah saja.

 

Lebih lanjut, dia mengatakan, bahwa anggaran yang disiapkan pemerintah kabupaten (pemkab) tahun ini sangat minim, mengingat banyaknya cabang olah raga (cabor) yang akan diikuti  kabupaten buton tengah.

 

“Sempat pak Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah mengajukan penambahan anggaran sebesar Rp. 1 miliar, namun hal tersebut sudah terlambat. Dikarenakan APBD Perubahan sudah diketuk palu di DPRD, meskipun ditambah dari Biaya Tak Terduga (BTT) juga sudah tidak bisa,” Ungkapnya.

 

Meski begitu, lanjut mantan Camat Kecamatan Lakudo ini, untuk bonus atlet kemungkinan Pemerintah kabupaten  Buton Tengah akan menganggarkan di APBD tahun 2023 mendatang.

 

“Bonus atlet kita rencanakan itu yang dapat emas kita beri Rp. 20 juta, perak Rp. 10 juta, dan perunggu Rp5 juta,” sebutnya.

 

Dia menargetkan, pada perhelatan 4 tahunan kali ini, Kabupaten Buton Tengah bisa meraih medali emas sebanyak-banyaknya juga seperti harapan bapak penjabat bupati Buton Tengah yaitu menampilkan yang terbaik pada Porprov mendatang.

Ketua Umum KONI Buton Tengah, La Andi, S.Sos. Foto : IST

 


KONI Buton Tengah Target Terbaik Pada Porprov ke-14 Sulawesi Tenggara (Sultra)


Ditempat terpisah Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Kabupaten Buton Tengah (KONI Buteng) menyampaikan bahwasanya Penyelenggaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-14 Sulawesi Tenggara (Sultra) yang akan segera berlangsung, yang jatuh pada akhir bulan November 2022 mendatang di Kabupaten Buton dan Kota Baubau sebagai tuan rumah KONI Buton Tengah Siap.

 

Diketahui Sebanyak 17 Kabupaten/Kota akan mengkuti ajang olah raga yang gelar empat tahun sekali tersebut. Dan masing-masing Kabupaten/Kota telah menyiapkan Cabang Olah Raga (Cabor). Salah satunya Kabupaten Buton Tengah (Buteng), yang akan menurunkan 19 Cabor di kegiatan Porprov itu.

 

“Dari 27 Cabor yang telah mendaftar di KONI Buton Tengah, hanya 19 Cabor yang akan ikut Porprov untuk perwakilan Buteng,” ungkap Firman, Ketua Harian KONI Buteng saat mintai tanggapanya.

 

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Buton Tegah ini melanjutkan, untuk persiapan Porprov ini, pihaknya menyesuikan dengan kondisi anggaran, dimana Pemerintah Daerah (Pemda) hanya menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 juta, ditamba dana kas KONI Buteng Rp 100 juta, sehingga total anggaran yang yang dimiliki sebesar Rp 600 juta saja.

 

“Kita tetap berkoordinasi dengan Pj Bupati Buteng, semoga ada penambahan anggaran, akan tetapi komunikasi awal bersama Pj Bupati, masih memilirkan peluang untuk menambakan porsi anggaran KONI,” jelasnya.

 

Dari 19 Cabor yang akan diikutkan, yaitu :

1. Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI),

2. Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi),

3. Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI),

4. Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina),

5. Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi),

6. Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI),

7. Seni bela diri asal Korea Selatan (Taekwondo),

8. Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI),

9. Seni bela diri keras dari Kerajaan Thai (Muaythai),

10. Persatuan Sambo Indonesia (Persambi),

11. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI),

12. Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI),

13. Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi),

14. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI),

15. Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia (Perkemi),

16. Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki),

17. Ikatan Motor Indonesia (IMI),

18. Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan

19. Electronic Sport atau olahraga elektronik (E-Sport)

 

KONI Buton Tengah dengan dukungan dari Pemerintah daerah tetap menargetkan bisa masuk dalam 10 besar se Sultra.

 

Kemudian, melalui pertimbangan Cabor yang memiliki Atlet putra daerah, akan diberikan ruang agar bisa berlaga di Porprov, selanjutnya Cabor yang bisa mendapatkan mendali, melihat dari prestasi sebelumnya. Salah satunya Taekwondo, pada Kejuaran Daerah (Kejurda) membawa pulang puluhan medali.

 

“Yang kita akan lakukan, bagaimana menggeser posisi Buteng, sebab pada Porprov 2018 di Kolaka mendapatkan posisi ke 16 dari 17 Kabuapaten/Kota. Jadi Porprov 2022 ini kita target bisa masuk 10 besar,” tutupnya. (Muhammad Shabuur/Adv).

 

×
Berita Terbaru Update