Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Terjadi Kelangkaan BBM, Berikut Ini Tanggapan Komisi III DPRD Buteng

| Juni 06, 2022 WIB
Ketua Komisi III DPRD Buton Tengah, Tasman, SE (Baju Batik). Foto Muhammad Shabuur.

KABARDESA.CO.ID, BUTON TENGAH, SULTRA - Komisi III, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) nampaknya serius menangani serius kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dikeluhkan masyarakat saat ini. 

Pada Rapat Segar Pendapat (RDP) antara masyarakat (Mahasiswa), pengusaha SPBU, dan Dinas Terkait. Ketua Komisi III, DPRD Buteng Tasman mengatakan, kelangkaan minyak dan solar merupakan fenomena yang terjadi tidak hanya di Kabupaten Buteng tetapi daerah lain juga mengalami hal yang sama.

"Salah satu contohnya di Kota Kendari, banyak sekali masyarakat yang mengantri di SPBU untuk mendapatkan BBM ini," tuturnya saat dikonfirmasi oleh rekan media, Senin (6/6/2022)

Berdasarkan informasi dan pengakuan dari pengusaha SPBU, lanjut Politisi PKS ini, kelangkaan minyak dan solar yang terjadi di kabupaten Buteng disebabkan kuota pengambilan minyak mulai dikurangi oleh Pertamina, sehingga kebutuhan BBM untuk masyarakat tidak terpenuhi semua.

"Informasi dari teman-teman pengusaha minyak katanya karena kuotanya dikurangi oleh pihak Pertamina, sehingga kebutuhan masyarakat belum terpenuhi semua," terangnya

Tanggapan, berbeda muncul dari masyarakat (Mahasiswa). Menurut mereka kelangkaan BBM tersebut disebabkan banyaknya penjualan BBM yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada,

"Salah satu contohnya, pengambilan BBM dengan menggunakan Jerigen yang jumlahnya cukup banyak, sehingga kuota untuk masyarakat jadi berkurang bahkan tidak cukup lagi" Kata Tasman.

Politisi senior asal Kecamatan Lakudo ini kemudian menganggap apa yang disampaikan mahasiswa pada rapat dengar pendapat yang digelar diaula kantor DPRD Buteng masih, dugaan.

"Bisa saja dia benar bisa saja dia salah, yang jelas kami dari pihak DPRD akan berusaha mencarikan solusi,"  jelasnya

Olehnya itu, pungkas Tasman, dalam waktu dekat ini pihak DPRD Buteng akan mengundang bahkan akan berkunjung kekantor Pertamina (Baubau), untuk menanyakan perihal kelangkaan BBM ini, untuk meluruskan informasi dan mencari solusi yang tepat untuk mentaktisi kelangkaan BBM di Kabupaten Buteng.

"Kesimpulan sementara RDP ini, Kalau bisa pihak SPBU diatur lah. Jangan terlalu banyak juga dijual kepada pengecer supaya tidak menimbulkan gejolak terhadap masyarakat, dan kalau bisa prioritaskanlah kebutuhan masyarakat," Tutup Tasman. (Muhammad Shabuur)
×
Berita Terbaru Update