Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Cegah Penyebaran PMK, Babinsa dan Babinkamtibmas Gandeng Mantri Hewan Lakukan Sosialisasi

| Juni 11, 2022 WIB

 

Babinsa dan Babunkamtibmas ketika melakukan sosialisasi tentang PMK ke warga yang punya ternak sapi (Heru Hartanto/KabarDesa.co.id)

KabarDesa.co.id - SITUBONDO JAWA TIMUR – Cegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak, Babinsa Koramil 0823/12 Suboh Serka M. Achmad bersama mantri hewan lakukan sosialisasi dan pemeriksaa hewan ternak sapi, Sabtu (11/3/2022).

 

“Sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan hewan ternak sapi ini berlangsung di rumah Ibu Mursid warga Dusun Dakon RT.004 RW.002 Desa Dawuan, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo,” jelas Babinsa Koramil 0823/12 Suboh Serka M. Achmad.

 

Selain dari mantri hewan, sambung Serka M. Achmad, pemeriksasn ini juga melibatkan Bhabinkamtibmas Polsek Suboh Bripka Nanang dan masyarakat peternak sapi. “Petugas memberikan pemahaman kepada pemilik hewan ternak sapi agar memeliharanya dengan baik,” ujarnya.

 

Petugas kesehatan hewan, imbuh Serka M. Achmad, mensosialisasikan ciri - ciri hewan ternak yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK) dihadapan peternak. "Kondisi hewan yang mengalami demam tinggi, muncul air liur berlebihan, terdapat luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah, nafsu makan hewan ternak berkurang dan nafas terlalu cepat, maka hewan tersebut bertanda di serang virus PMK,” terang mantri hewan dihadapan peternak.

 

Sementara itu, sosialisasi ini dilaksanakan karena di wilayah Kecamatan Suboh tidak memiliki Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), yang ada hanya Mantri Hewan. “Babinsa dan Babinkamtibmas bersama mantri keliling memberikan sosialisasi PMK kepada warga yang memiliki sapi ternak,” pungkas Serka M. Achmad.

×
Berita Terbaru Update