Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Tim Penilai Kampung Pancasila, Keragaman Warga Desa Wonorejo Harus Dipertahankan

| Maret 31, 2022 WIB

 

Susana anak-anak di Kampung Pancasila Desa Wonorejo (Heru Hartanto/KabarDesa.co.id)

SITUBONDO, - Tim Penilai Kampung Pancasila, Mayor Inf Herawady Karnawan saat melaksanakan penilaian terhadap Kampung Pancasiala Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo berharap agar keragaman budaya, agama dan ras yang ada di Kampung Pancasila Desa Wonorejo bisa dipertahankan.

 

“Saat ini Desa Wonorejo sudah menjadi Kampung Pancasila. Kampung Pancasila ini dibentuk bukan hanya semata mata penilaian lomba Kampung Pancasila. Namun, pengamalan butir-butir Pancasila sudah menjadi kebiasaan sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Wonorejo,” terang Kepala Desa Wonorejo, Sumarto Adi saat memberikan paparan di depan Tim Penilai Kampung Pancasila dari Korem 083/Baladhika Jaya, Kamis (31/3/2022).

 

Dilain pihak, Kang Antok, selaku Pelopor Kampung Pancasila mengatakan bahwa, masyarakat Desa Wonorejo beraneka ragam suku dan agama dan Desa Wonorejo bisa dibilang miniaturnya Bhineka Tunggal Ika. “Hidup dalam keberagaman suku, budaya, agama merupakan warisan dari nenek moyang kita, dan pastinya menjadi tanggung jawab kita sebagai generasi muda untuk melestarikannya, bahkan di sini terdapat Makam Kebhinekaan untuk semua warga,” jelas Antok.

 

Sementara itu Tim Penilai Kampung Pancasila, Mayor Inf Herawady Karnawan mengatakan bahwa, hadirnya Kampung Pancasila untuk menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila. “Dengan adanya Kampung Pancasila ini, diharapkan dapat melestarikan peninggalan leluhur kita. Jangan sampai kebhinekaan ini hilang begitu saja,” terang Mayor Inf Herawady Karnawan.

 

Lebih lanjut, Mayor Inf Herawady Karnawan mengatakan, keanekaragaman suku, budaya, dan agama yang ada di Kampung Pancasila Desa Wonorejo ini, harus dipertahankan agar diwarisi oleh generasi muda atau anak-anak yang bermukim di Kampung Pancasila ini. “Semoga Kampung Pancasila di Desa Wonorejo ini bisa di pertahankan keberadaannya,” kata Mayor Inf Herawady Karnawan.

 

Sekedar informasi, diakhir kegiatannya, tim penilai Kampung Pancasila di Desa Wonorejo, menyambangi tempat ibadah gereja, masjid, pure serta makam kebangsaan.

×
Berita Terbaru Update