Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Tekan Penyebaran Covid-19, Bupati Sidrap Terbitkan Surat Edaran Pelaksanaan Kegiatan Makan/Minum di Tempat Umum

| Juli 15, 2021 WIB

 


KabarDesa.Co.Id, Sidrap - Guna mengendalikan penyebaran Covid-19, Bupati Sidenreng Rappang, H. Dollah Mando mengeluarkan Surat Edaran Pelaksanaan Kegiatan Makan/Minum di Tempat Umum.


Surat Edaran dengan Nomor 500/4067/Ekon Tanggal 13 Juli 2021 tersebut ditujukan kepada para pemilik warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, dan lapak jajanan di Kabupaten Sidrap.


Disebutkan, surat edaran menindaklanjuti Instruksi Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2021 tanggal 5 Juli 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.  


Berikut ketentuan dalam Surat Edaran Pelaksanaan Kegiatan Makan/Minum di Tempat Umum tersebut:


a. Membatasi pengunjung sebesar 25% dari kapasitas.


b. Mengatur jarak kursi pengunjung minimal 2 meter.


c. Jam operasional dibatasi sampai dengan Pukul 17.00 Wita untuk layanan makan di tempat (dine In)


d. Untuk layanan   makanan   melalui   pesan-antar/dibawa pulang   (take   away)   tetap diizinkan sampai dengan Pukul 20.00 Wita


e. Pengunjung Wajib memakai masker dengan baik dan benar.


f. Pelaksanaan ketentuan huruf a sampai dengan huruf e dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.


g. Untuk pelaku usaha yang tidak melaksanakan ketentuan di atas maka akan dikenakan sanksi administratif sampai dengan penutupan usaha sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan


h. Setiap orang dapat dikenakan sanksi bagi yang melakukan pelanggaran dalam rangka pengendalian wabah penyakit menular berdasarkan:

1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana pasal 212 sampal pasal 218;

2) Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular;

3) Undang-undang NomOr 6 TAhun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan;dan

4) Ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang terkait


i. Edaran ini berlaku mulai tanggal 13 s/d 20 Juli 2021 dan akan dikaji kembali sesuai dengan perkembangan penyebaran covid-19 di Kabupaten Sidenreng Rappang. 


Sebagai informasi, terkait Surat Edaran ini, Pemkab Sidrap melaksanakan penyebarluasan informasi tanggal 15 Juli 2021, dan selanjutnya melakukan pengecekan lapangan dan penegakan aturan. (yusuf)

×
Berita Terbaru Update