Notification

×

Iklan

Iklan

.

Tag Terpopuler

Dinkes Sebut 630 Desa di Jawa Tengah Siapkan Tempat Karantina Pemudik

Senin, 27 April 2020 | 11:04 WIB Last Updated 2020-04-27T03:04:56Z



KabarDesa.Co.Id, Semarang - Dinas Kesehatan Jawa Tengah menyebut ada sekitar 630 desa telah mempersiapkan tempat karantina mandiri.

Tempat karantina tersebut diberlakukan bagi para pemudik yang pulang ke kampung halaman.

Desa-desa tersebut tersebar di 35 kabupaten/kota di wilayah Jawa Tengah.

"Ada sekitar 630-an desa yang sudah menyiapkan tempat karantina. Mereka sudah siap untuk melakukan karantina itu. Tentunya dengan dukungan dan partisipasi dari masyarakat," kata Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo melalui siaran pers virtual, Sabtu (25/4/2020).

Yulianto menjelaskan, proses pemantauan kesehatan bagi para pemudik akan dilakukan oleh tim kesehatan di tingkat desa.

"Pemantauannya itu dilakukan oleh bidan desa, kader kesehatan, pendamping desa, Linmas, PKK dan yang lainnya. Partisipasi di tingkat desa memang sangat banyak," jelasnya.

Selain itu, lanjut dia penerapan program Jogo Tonggo di setiap desa dapat membantu memberdayakan masyarakat baik dari sisi ekonomi, sosial maupun kesehatan.

"Jogo Tonggo ini adalah pemberdayaan masyarakat yang bagus sekali. Maka partisipasi masyarakat desa sangatlah perlu kita gali karena menjadi modal yang sangat kuat dalam pelaksanaan PSBB," ujarnya.

Menurutnya, tanpa membangun basis masyarakat yang kuat di tingkat desa, maka PSBB akan sulit sekali diterapkan. Bahkan hanya menjadi slogan belaka.(*)

×
Berita Terbaru Update