Notification

×

Iklan

Iklan

.

Tag Terpopuler

Dana Desa Bisa Dialihkan untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Minggu, 22 Maret 2020 | 14:35 WIB Last Updated 2020-03-25T06:37:16Z
KabarDesa.Co.Id, Jakarta - Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD) Taufik Madjid menyebut pihaknya telah menerbitkan Permendes PDTT Nomor 11 tahun 2019 tentang pedoman dana desa di bidang pelayanan sosial.


Dalam aturan Permendes PDTT itu, anggaran desa bisa dialihkan untuk sosial.
"Secara eksplisit dana desa bisa digunakan untuk langkah pencegahan di bidang pelayanan sosial, dasar khususnya bidang pelayanan masyarakat desa. Seperti mengkampanyekan pola idup sehat dan bersih ke desa," kata Taufiq dalam keterangan resmi yang disiarkan Youtube di akun BNPB Indonesia, Sabtu (21/3).
Menurut dia, Permendes PDTT memberi peluang bagi desa untuk menggunakan anggarannya ke urusan mencegah penularan virus corona. Terlebih, urusan penularan virus corona menjadi perhatian seluruh elemen bangsa.
"Jadi, memberi peluang ke desa untuk bisa menggunaakan dana desa untuk menjaga dan mencegah, aspek khsusunya dalam mencegah perluasan Covid-19," lanjut dia.
Dalam kesempatan ini, Taufik meminta, perangkat desa untuk terus mengupayakan pencegahan tertularnya virus corona. Tentunya, upaya itu berpedoman dengan protokol yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.
"Kepada kepala desa dan badan pemusyawaran desa, perangkat desa dan tokoh masyarakat, unutk melakukan langkah persiapan dan antisipasi untuk mempedomani gugus tugas di daerah," timpal dia. (*)
×
Berita Terbaru Update