Notification

×

Iklan

Iklan

.

Tag Terpopuler

Babinsa Apresiasi Tradisi Mapalili di Desa Lerang Kabupaten Pinrang

Selasa, 31 Desember 2019 | 11:30 WIB Last Updated 2020-03-28T13:59:43Z
KabarDesa.Co.Id, PinrangKabupaten Pinrang sebagai salah satu daerah lumbung pangan di Sulawesi-selatan memiliki budaya yang masih terjaga kelestariannya. Salah satu diantaranya adalah Mappalili, sebuah acara adat-istiadat yang dilakukan oleh masyarakat sebagai ritual sebelum para petani turun ke sawah menanam padi, (30/12/2019).


Seperti contohnya, warga bersama Pemerintah Desa melaksanakan Mappalili di Desa Lerang, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang. Dalam Mappalili itu, masyarakat berkumpul di satu tempat di areal persawahan untuk memulai membajak sawah dan dihadirkan sejumlah makanan khas masyarakat Bugis dilanjutkan dengan doa bersama.
Turut hadir dalam prosesi Mappalili yang dilaksanakan di Lerang adalah tokoh adat yang dikenal sebagai Penghulu Kampung, Kepala Desa Lerang bapak ikhsan P. Camang, Babinsa Desa Lerang Serda Frans, SK, pejabat Desa serta anggota BPD dan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan anggota kelompok tani sekitar 75 orang.
Babinsa Desa Desa Lerang Serda Frans, SK mengapresiasi acara Mapalili tersebut, menurut Babinsa Dalam acara Mappalili terdapat unsur persatuan, kebersamaan dan gotong-royong sehingga Mapalilli merupakan tradisi yang patut dilaksanakan setiap tahun sebelum turun sawah sebagai upaya melestarikan adat istiadat yang ada di Kab. Pinrang.
×
Berita Terbaru Update