Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Pemkab Bangka Tengah Perpanjang Masa Jabatan 56 Kades

| Juni 10, 2024 WIB

Kepala Dinas Sosial dan Pemerintah Desa Bangka Tengah, Padlillah. (Foto : Bangkapos)

Kabardesa.co.id, BANGKA BELITUNG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperpanjang masa jabatan Kepala Desa (Kades) kepada 56 orang Kades.


Kepala Dinas Sosial dan Pemerintah Desa Bangka Tengah, Padlillah mengungkapkan perpanjangan jabatan Kades tersebut sesuai Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 di Koba, Ahad (9/6).


"Perpanjangan jabatan Kades itu sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 3 Tahun 2024," ungkapnya.


Ia menjelaskan, dalam undang-undang itu masa jabatan Kades diperpanjang menjadi delapan tahun dan hanya boleh menjabat selama dua periode.


"Sebelumnya jabatan kades hanya enam tahun namun diperbolehkan menjabat selama tiga periode sepanjang masih terpilih," ujarnya.


Ia juga mengatakan, Kades sebelumnya berstatus PAW atau yang habis masa jabatan atau yang dipilih pada 2022 akan diperpanjang 2 tahun lewat SK bupati dengan dasar UU Nomor 3 tahun 2024 itu.


Menurutnya, pihaknya akan menyiapkan SK perpanjangan tersebut paling lambat September 2024 dan akan dikukuhkan ulang oleh Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman.


"Jadi 56 Kades ini nanti akan dikukuhkan kembali oleh bupati dan kita targetkan September 2024 sudah dikukuhkan," pungkasnya.


Ia kemudian mengimbau, para Kades selalu mematuhi peraturan dan jaga etika sebagai pejabat desa serta tidak melanggar kode etik sebagai pejabat yang ada desa.


"Kades itu pejabat di desa dan harus mematuhi peraturan, menjalankan etika sebagai pejabat dan jangan sampai tersangkut persoalan hukum," imbuhnya.


Padlillah berharap dengan adanya peraturan ini bisa membuat seluruh kepala desa lebih semangat dalam membangun desanya masing-masing.


"Saya berharap kepala desa lebih fokus bekerja dan gali potensi sumber daya alam yang ada di desa dengan penuh inovasi," harapnya.


(permataillahi)

×
Berita Terbaru Update