Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Diskominfo dan Persandian Sinjai Sosialisasikan Pentingnya Internet di SMK Negeri 1 Sinjai

| Juni 07, 2024 WIB

 


Kabardesa.co.id, Sinjai - Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sinjai menggelar Sosialisasi Internet Sehat di SMK Negeri 1 Sinjai. Kegiatan yang berlangsung di Aula SMK Negeri 1 Sinjai itu diikuti sebanyak 70 pelajar dan dibuka oleh Kadis Kominfo dan  Persandian Sinjai, Dr. Mansyur, Jumat (7/6/2024).


Dalam sambutannya, Dr. Mansyur mengatakan pentingnya penggunaan internet sehat terutama di kalangan pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa. Penggunaan internet yang sehat adalah dengan menggunakannya secara hati-hati, mengakses informasi yang positif dan tidak mengakses hal-hal yang berbau negatif. 


“Penggunaan internet secara sehat dan aman perlu ditanamkan sejak dini untuk menghindari kebiasan jelek yang akan terbawa di dunia maya dan menimbulkan kembali efek di dunia nyata,” ujarnya.


Lebih lanjut dikatakan, dalam menggunakan internet ada aturan yang harus dipatuhi, salah satunya adalah UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) Nomor 11 Tahun 2008 yang kini sudah diperbaharui menjadi UU ITE Nomor 19 Tahun 2016.


"Dalam UU ITE tersebut, setidaknya ada beberapa hal yang paling mendasar yang tidak boleh dilakukan saat berinternet, khususnya menebar berita hoax, menebar ujaran kebencian serta tidak menebar informasi yang bermuatan negatif," jelasnya. 


Seiring dengan gencarnya penggunaan teknologi informasi, kata dia, maka literasi digital sangat penting dalam mewujudkan masyarakat yang cakap teknologi dan media digital yang benar dan bertanggung jawab.


Kadis Kominfo juga berpesan kepada para siswa dan para guru agar dapat meningkatkan kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi dan memberikan bimbingan serta contoh nyata pemanfaatan teknologi informasi yang cerdas, kreatif dan produktif kepada peserta didiknya. 


Sementara itu Kepala SMK Negeri 1 Sinjai, Ir. Mikyal Arsyad, S.Pd, M.P, menyambut baik dengan adanya sosialisasi internet sehat yang dilaksanakan oleh Pemkab Sinjai.


Menurutnya, sosialisasi ini penting bagi siswa selaku generasi muda dalam memanfaatkan perkembangan teknologi secara bijak sehingga tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif. 


“Kami sekolah yang cukup beruntung karena terpilih menjadi sekolah yang mendapatkan sosialisasi ini. Tentunya kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi peserta didik, karena kita tidak bisa lepas dari penggunaan gawai. Dari sini diharapkan peserta didik bisa menyikapi dan menggunakan teknologi selain sebagai sarana komunikasi juga sebagai sarana untuk belajar," ujarnya.


Adapun narasumber dalam sosialisasi ini yakni Kepala Bidang Aptika Muh. Takdir,  Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Ika Mayasari dan Ketua Relawan TIK Sinjai Lutfi Hidayat.


(Rls/Noka)

×
Berita Terbaru Update