Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

 


Pemdes Saotengnga Gelar BimTek Pemutakhiran Data Profil Desa

| Mei 25, 2024 WIB

Sekertaris Desa Saotengnga, Muh.Nur Ahmad. Mj,Spd mewakili Kepala Desa Saotengnga  memberikan sambutan saat membuka BimTek


KabarDesa.co.id, SINJAI - Dalam rangka meningkatkan kapasitas petugas administrasi desa dalam mengelola dan memutakhirkan data profil desa yang menjadi indikator penting dalam menentukan tingkat kemajuan pembangunan di tingkat desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Saotengnga menggelar Bimbingan Tehnik (BimTek) Pemutarakhiran Data Profil Desa Saotengnga, Kamis(22/05/2024) lalu, bertempat di aula Kantor Desa Saotengnga, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai.

BimTek yang dibuka resmi Sekertaris Desa Saotengnga, Muh.Nur Ahmad. Mj,Spd yang mewakili Kepala Desa Saotengnga, menghadirkan nara sumber dari Dinas PMD Sinjai, Burhanuddin yang menyajikan bagaimana memahami secara detail dan mendalam mengenai metedologi pengumpulan data, validasi data, serta pemanfaata tehnologi informasi terkini dalam pemutakhiran data profil desa, serta pembekalan keterampilan praktis untuk mengelola data dengan efesien dan efektif.

Sekertaris Desa Saotengnga dalam sambutan singkatnya antara lain menekankan, pentingnya para peserta BimTek  mengikuti materi yang disuguhkan  oleh nara sumber, agar  dalam hal pendataan dan pengimputan data yang benar-benar berkualitas,akurat, terkini dan terpadu.

Pada kesempatan itu, turut memberikan kata sambutan, Andi Asda,S.Sos,Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat mewakili Camat Sinjai Tengah mengharapkan, agar peserta BimTek tekun mengikuti, agar materi yang diberikan nara sumber benar-benar bisa diaplikasikan di lapangan.

Mengingat profil desa merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa yang meliputi data dasar keluarga,potensi SDA dan SDM,kelembagaan, prasara dan sarana , dan  pembangunan  serta kemajuandan permasalahan yang dihadapi desa itu sendiri.

Turut hadir pada acara BimTek, Ketua BPD Saotengnga, Andi Sudirman Waris,Kaur Perencanaan Pemdes Saotengnga, Jumriah, Pendamping Lokal,Muh.Syahrir.

Sementara peserta BimTek diikuti kurang lebih 20 peserta diantaraya, unsur kepala dusun, perangkat desa dan masyarakat yang ditunjuk  sebagai tim pendata.

Langkah Wujudkan Kemandirian Desa.
Terpisah, Kepala Desa Saotengnga, Andi Mappima Noma,S.Pd yang temui, Sabtu (25/05/2024) menjelaskan,  lahirnya UU No.6/2014 yang  mengatur dan mengurus urusan pemerintahan serta kepentingan masyarakat setempat berdasarkan inisiasi masyarakat, hak asal-usul dan hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Indonesia, telah memberikan angin segar kepada desa karena desa memiliki otonomi untuk mengatur urusan pemerintahannya sendiri.

Untuk  menyusun perencanaan desa, lanjutnya, dibutuhkan kelengkapan data terkait kependudukan, kelembagaan dan karakteristik spesifik desa. Data desa yang terkini dan akurat akan menunjang terwujudnya kualitas dokumen perencanaan pembangunan desa yaitu RPJMDes dan RPKPDes dengan baik sebagaimana yang telah diatur dalam UU No.6/2014 tentang desa maupun Permendagri No.114/2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Menurutnya, profil desa merupakan dokumen yang berisikan data dan informasi mengenai desa. Profil desa penting disusun dan digunakan dalam proses perencanaan pembangunan desa agar pembangunan tersebut sesuai kebutuhan dan diterima masyarakat.

Dalam penyusunan profil desa, jelasnya lagi, dibutuhkan keterlibatan berbagai elemen masyarakat desa. Dengan begitu, diharapkan data dan informasi penting yang mencerminkan karakter desa hingga gambaran umum mengenai desa dapat tercermin dalam Profil Desa.

“Dengan demikian, gambaran karakterisik desa yang dituangkan dalam profil desa, menunjukkan sebagai langkah mewujudkan kemandirian desa itu sendiri, sesuai dengan amanat UU No.6/2014,tandasnya. (Man/AIM)


×
Berita Terbaru Update