Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Ramai-ramai Warga Hindu Desa Anamina Ikuti Festival Ogoh-ogoh

| Maret 11, 2024 WIB

Wakili Bupati, Wabup Dompu buka Festival Ogoh-ogoh peringai Hari Raya Nyepi 2024 (Source : Humas Dompu)

Kabardesa.co.id, Dompu NTB - Warga Dusun Depa Desa Anamina Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat yang beragama Hindu, Minggu (10/03/24) melaksanakan Festival Ogoh-Ogoh. Festival dimaksud diagendakan menyambut Hari Nyepi Tahun 2024, Senin (11/03/24)..


Festival yang dilaksanakan dengan mengarak Ogoh-Ogoh yang sudah dihias sedemikian rupa dengan aneka warna dan warni sepanjang jalan dari dan menuju Desa Anamina kemudian kembali lagi ke Dusun Depa oleh sekelompok anak muda yang berkostum bercorakan budaya bali.


Antusiasme warga Hindu Dharma mengikuti festival tersebut dengan penuh riang gembira mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, orang tua, hingga kaum pria dan wanita terlihat berjubel meramaikan pelaksanaan kegiatan dimaksud.


Acara yang berlangsung secara resmi dilepas oleh Wakil Bupati Dompu, Syahrul Parsan, didampingi Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra.


Pada kesempatan tersebut, Syahrul mewakili Bupati Dompu, Kader Jaelani menyampaikan salam hormat karena tidak dapat hadir dalam acara tersebut dikarenakan ada kegiatan yang juga berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan daerah.


“Dalam kesempatan yang baik ini, saya menyampaikan salam hormat dari Bupati Dompu, Kader Jaelani untuk seluruh warga Dusun Depa karena tidak dapat hadir secara langsung membersamai diacara yang digelar sore hari ini. Beliau minitip salam hormat kepada seluruh Umat Hindu Dharma Dusun Depa Desa Anamina yang mengikuti festibval ogoh-ogoh tahun ini ”, ujarnya.


Kemudian Syahrul Parsan menyebutkan,  Festival Ogoh-Ogoh sebagaimana yang dilaksanakan dalam pandangan Umat Hindu Dharma menjadi sebuah simbol meleburnya berbagai bentuk keburukan kemudian digantikan dengan berbagai kebaikan yang berdampak adanya peningkatan yang lebih baik bagi kesejahteraan, kedamaian dan kemaslahatan bagi kehidupan masyarakat.


“Dengan dilaksanakannya Festival Ogoh-Ogoh seperti yang kita saksikan saat ini diharapkan akan muncul banyak kebaikan yang berdampak yang positif bagi kehidupan masyarakat dan lingkungan di sekitar kita”, ungkapnya.


Kebaikan tersebut dapat berupa seperti munculnya kedamaian, keharmonisan, keserasian dan kerukunan dalam kehidupan ini yang tentunya akan menjadi modal yang baik pula bagi pelaksanaan pembangunan di banyak bidang kehidupan khususnya di Kabupaten Dompu tercinta.


“Festival Ogoh-Ogh yang dilaksanakan menjadi bentuk komitmen Warga Hindu Dharma untuk menghadirkan banyak kebaikan bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya”, terangnya.


Berikutnya Wabup H. Syahrul Parsan dalam kesempatan yang berlangsung juga menyampaikan himbauan kepada seluruh elemen masyarakat tanpa kecuali untuk ikut aktif berperan menjaga, memelihara dan merawat kondusitas masyarakat dan daerah.


“Mari bersama tanpa kecuali berupaya keras menjaga, memelihara dan merawat kondusitas daerah sehingga terus berjalan aman, tertib dan lancar yang membuat toleransi dan kebersamaan diantara umat beragama ditengah keberagaman dapat berjalan baik pula” tutupnya. (Ay)

×
Berita Terbaru Update