Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Pilkada Bone Bolango, Tokoh Ini Sebut Pasangan "MESRA" bukan Pasangan Ideal

| Maret 04, 2024 WIB

  

Merlan Uloli dan Ishak Ntoma (foto: kolase)


Kabardesa.co.id - BONE BOLANGO GORONTALO - Kabupaten Bone Bolango menjadi salah satu daerah yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024.


Meski tahapan pendaftaran calon baru akan dimulai pada Mei nanti untuk calon perseorangan dan Agustus untuk calon yang diusulkan partai politik, namun sejumlah nama mulai diisukan akan meramaikan kontestasi lima tahunan itu. Salah satunya Merlan Uloli dan Ishak Ntoma.


Sebelumnya dikabarkan, Merlan Uloli dan Ishak Ntoma dipastikan bakal "mesra" di ajang kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar tahun ini.


Meski banyak pihak yang menilai, pasangan yang disebut dengan akronim MESRA (Merlan-Ishak Bersama Rakyat) ini diprediksi akan menjadi lawan yang sangat tangguh dan sulit dikalahkan oleh pasangan calon lain, namun ada juga pihak yang menilai Merlan Uloli dan Ishak Ntoma bukan pasangan yang ideal untuk didukung menjadi Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Bone Bolango.


Pasalnya, baik Merlan Uloli maupun Ishak Ntoma hanya memiliki latar belakang sebagai birokrat murni, sehingga dianggap tidak memiliki pengalaman politik yang cukup mumpuni. Bahkan keduanya dinilai tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap sikap dan keputusan sebuah partai politik. Padahal, untuk bisa mencalonkan keduanya butuh dukungan politik jika tak ingin maju melalui jalur perseorangan (independen).


Seperti yang diutarakan oleh seorang tokoh masyarakat Bone Bolango yang mengatakan bahwa meski saat ini Merlan tercatat sebagai kader partai Nasdem, namun idealnya, Merlan harus mencari figur Calon Wakil Bupati dengan latar belakang politisi yang memiliki dukungan kursi di DPRD Bone Bolango.


Dari sejumlah nama yang ada, warga ini menyebut Syamsu Botutihe sebagai salah satu figur Cawabup yang ideal untuk berpasangan dengan Merlan Uloli. Selain telah berpengalaman dua kali menjadi anggota DPRD Bone Bolango, putera asli Bone Pesisir ini memiliki dukungan dua kursi Partai Gelora DPRD Bone Bolango yang bisa menjadi salah satu mesin politik-selain Partai Nasdem-untuk memenangkan pasangan ini jika maju di Pilkada nanti. 


Politisi Partai Gelora, Syamsu Botutihe (foto: dok pribadi)


Selain itu, elektabilitas Syamsu Botutihe di Kabupaten Bone Bolango yang cukup tinggi tidak hanya dikalangan elit partai politik namun hingga ke akar rumput, dianggap akan menjadi sebuah modal besar bagi pasangan ini meraih suara terbanyak di Pilkada nanti.


Hal lain yang tak kalah penting adalah, baik Merlan maupun Syamsu Botutihe merupakan figur yang dianggap masih bersih dari persoalan hukum yang notabene merupakan aspek yang dianggap harus dimiliki oleh setiap penyelenggara negara.


"Merlan dan Syamsu ini pasangan ideal. Karena mereka saya anggap bersih, saya sebut mereka Paket BERSIH yang artinya Bersama Merlan dan Syamsu Botutihe," tandas warga yang tak ingin namanya ditulis ini.


(Noka/JBN)


×
Berita Terbaru Update