Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Raih Suara Terbanyak, Faisal Yunus Berpeluang Pegang Palu Sidang DPRD Bone Bolango

| Februari 22, 2024 WIB
Faisal Yunus dan palu sidang (foto: kolase)


Kabardesa.co.id, BONE BOLANGO GORONTALO - Palu sidang DPRD Bone Bolango kemungkinan besar akan segera beralih dari Halid Tangahu kepada rekannya, Faisal Yunus.


Pasalnya, berdasarkan hasil penghitungan suara sementara hasil pemilu 2024 untuk DPRD Kabupaten Bone Bolango, Partai Nasdem dipastikan akan tetap menjadi pimpinan DPRD Bone Bolango setelah partai besutan Surya Paloh ini berhasil menempati urutan pertama peraih kursi terbanyak di DPRD Bone Bolango yakni 6 kursi dengan rincian, dapil Kabila 2 kursi, dapil Bone Pesisir 1 kursi, dapil Suwawa 1 kursi dan dapil Tapa 2 kursi.


Dari 6 kursi tersebut, Wakil Ketua Bidang Legislatif DPD Partai Nasdem Kabupaten Bone Bolango, Faisal Yunus, yang maju dari dapil Bone Pesisir meraih suara terbanyak diantara rekannya di dapil yang lain. Selain itu, dari 6 orang caleg yang berhasil meraih kursi di DPRD Bone Bolango, hanya Faisal Yunus yang berstatus sebagai petahana, sementara 5 orang lainnya merupakan pendatang baru. Sementara, Halid Tangahu yang saat ini menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bone Bolango periode 2019-2024, tidak berhasil meraih suara yang signifikan pada pemilu kali ini.


Jika melihat posisi jabatan politik Faisal Yunus di Partai Nasdem sebagai  Wakil Ketua Bidang Hubungan Legislatif sekaligus Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Kabupaten Bone Bolango maka bisa diprediksi politisi muda asal Desa Kaidundu Kecamatan Bulawa ini berpeluang untuk menjadi Ketua DPRD Bone Bolango periode 2024-2029.


Ketua Organisasi dan Kaderisasi DPD Partai Nasdem Kabupaten Bone Bolango Paris Djali saat dimintai tanggapannya oleh awak media ini mengatakan bahwa ia belum bisa memastikan siapa yang akan diusulkan oleh partainya menjadi Ketua DPRD karena sesuai dengan Peraturan Organisasi (PO) Partai Nasdem untuk pengusulan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) semua harus melalui mekanisme partai secara berjenjang dari DPD ke DPW dan dari DPW ke DPP.


Meski demikian, secara pribadi ia menilai ada beberapa syarat yang dimiliki oleh Faisal Yunus yang bisa menjadi peluangnya diusulkan menjadi pimpinan dewan.


"Beliau ini Wakil Ketua Bidang Legislatif, Ketua Fraksi dan juga petahana. Bahkan pengabdiannya kepada Partai ini sudah lama. Saya kira dari sisi itu beliau berpeluang jadi pimpinan, tapi semua tergantung keputusan partai," ungkap Paris Djali kepada BeritaNasional.ID, Kamis (22/2/2024).


Terpisah, Faisal Yunus mengatakan bahwa meski disebut sebut memiliki peluang menjadi Ketua DPRD Bone Bolango, namun ia tidak mau terburu-buru melangkahi keputusan partai. Sebagai kader partai yang loyal kepada keputusan pimpinan, Faisal menyerahkan sepenuhnya pada mekanisme yang berlaku di internal partainya.


"Saya ini loyal dengan keputusan partai, jadi kita tunggu saja keputusan partai siapa yang akan diusulkan menjadi pimpinan dewan," tandasnya.


(Noka)



×
Berita Terbaru Update