Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Menjadi Tempat Peristirahatan Raja, Inilah Asal Usul Desa Pasarean Adiwerna

| Februari 05, 2024 WIB

Situs Sejarah Makam Sunan Amangkurat I (Sumber : X)

Kabardesa.co.id, Tegal Jawa Tengah -- Pesarean merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Dengan luas wilayah 130.83 m².


Berdasarkan data Januari 2024, jumlah penduduk Desa Pesarean mencapai 12.444 orang, dengan rincian pria 6.380 orang dan wanita 6.064 orang.


Nama Pesarean diambil dari kata 'sare' yang dalam Bahasa Jawa artinya tidur. Karena didaerah ini banyak makam/kuburan, termasuk makam raja/wali maupun tokoh penting.


Pesarean dipakai oleh kaum bangsawan sehingga mempunyai kedudukan yang lebih santun sebagai penghargaan bagi seorang raja yang sudah wafat. Di desa ini terdapat makam Sunan Amangkurat I dari Kerajaan Mataram.


Sekitar abad ke 16, Kerajaan Mataram bergejolak setelah wafatnya Raja Sultan Agung. Kemudian Raja Amangkurat I menggantikan tahta Sultan Agung.


Pada masa itu, timbul pemberontakan Trunojoyo dari Madura dilandasi adanya dendam terhadap kepemimpinan Sultan Agung. Pemberontakan tersebut menyebabkan Sunan Amangkurat I kewalahan dan menyingkir dari Keraton Plered.


Sunan Amangkurat I bersama sanak keluarga dan para pangeran serta adipati meninggalkan keraton dan menuju ke arah barat menyeberangi Sungai Bogowonto melalui hutan dan rawa-rawa.


Sampai di Ajibarang, Sunan Amangkurat I mulai mengalami sakit-sakitan. Setelah sampai di Desa Pasaranom, sakit Sunan Amangkurat I makin bertambah parah.


Akhirnya Sunan Amangkurat I wafat. Namun sebelum wafat, beliau berpesan agar jenazahnya dimakamkan di daerah Tetegal di dataran tinggi yang berbau harum.


Wasiat itu diwujudkan, Sunan Amangkurat I dimakamkan di wilayah Tegal Arum. Dan sekarang orang menyebut wilayah itu sebagai Pesarean yang dalam perkembangan berikutnya menjadi sebuah nama desa yaitu Pesarean, serta nama jalan di sekitar makam Amangkurat I dinamakan Jalan Tegal Arum.


Desa Pesarean kini telah berkembang menjadi desa industri. Hal yang sangat dikenal dari Desa Pesarean yakni industri logam. Disamping sebagai desa industri, desa ini juga sebagai pusat jual beli logam rongsokan.


Batas-batas wilayah Desa Pesarean sebagai berikut:
- Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Kebasen
- Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Lemahduwur
- Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Adiwerna
- Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Kaliwadas


Selain itu Desa Pesarean juga dikelilingi beberapa fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya dekat dengan rumah sakit, terminal, pasar, fasilitas pendidikan mulai dari PAUD/TK - SMA/SMK.


Itulah asal usul Desa Pasaeran, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, serta perkembangannya. (Ade/Ay)

×
Berita Terbaru Update