Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

DPKD Sulbar Gelar Sosialisasi Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial serta Bimtek SPP danTIK

| Februari 11, 2024 WIB

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Sosialisasi Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.(foto frd)


Kabardesa.CO.ID.PASANGKAYU SULBAR--Peningkatan pengetahuan masyarakat, disamping ditentukan oleh pendidikan formal, juga akan sangat terbantu jika masyarakat mempunyai budaya literasi yang baik. Keberadaan Perpustakaan Desa akan sangat membantu meningkatkan budaya literasi, untuk itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Sosialisasi Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Senin 5 Februari 2024.


Bertempat di Aula Hotel Multazam Pasangkayu, kegiatan itu dibuka Kepala DPKD Sulbar Khaeruddin Anas dan diikuti 60 orang Pengelola Perpustakaan Desa se-Pasangkayu. Menghadirkan narasumber Pustakawan Ahli Madya Dinas Perpustakaan Sulawesi Selatan, Nasaruddin.


Sosialisasi bertujuan memberikan informasi  bahwa perpustakaan dapat mengambil peran bukan hanya sebagai pusat informasi, lebih dari itu perpustakaan dapat bertransformasi menjadi tempat dalam pengembangan diri masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 


Kepala DPKD Sulbar, Khaeruddin Anas mengatakan, literasi memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 


Menurutnya, perpustakaan salah satu penggerak literasi yang dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses informasi dan pengetahuan dari berbagai narasumber, baik dari buku, majalah, internet maupun media lainnya. 


"Informasi dan pengetahuan tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa, misalnya untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan, pertanian, atau wirausaha,” kata Khaeruddin.


Setelah pelaksanaan Sosialisasi  Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, di tempat yang sama dilanjutkan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pengembangan Perpustakaan (SPP) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Selasa-Rabu (6-7 Februari 2024). 


Bimtek bertujuan meningkatkan kapasitas Pengelola Perpustakaan Desa dalam pengelolaan dan pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.  


Melalui kegiatan itu diharapkan Perpustakaan Desa dapat menjadi salah satu wadah bagi warga desa dalam memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan, yang bertujuan untuk pemberdayaan sosial dan ekonomi yang nantinya secara berkelanjutan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (rls)





×
Berita Terbaru Update