Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Mahasiswa UNG Gelar Pelatihan Pengolahan Pangan bagi Warga dan Aparat Desa

| Oktober 11, 2023 WIB

 

Praktek pengolahan pangan oleh warga desa Wonggahu pada pelatihan pengolahan pangan yang digelar oleh mahasiswa KKN MBKM UNG tahun 2023 (foto: dok)


Kabardesa.co.id, BOALEMO GORONTALO - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) MBKM Universitas Negeri Gorontalo (UNG) tahun 2023 menggelar pelatihan pengolahan pangan berbasis pangan lokal bagi warga dan aparat desa Wonggahu kecamatan Paguyaman kabupaten Boalemo.


Pelatihan ini dilaksanakan pada Rabu, 11/10/2023, di aula kantor desa Wonggahu, dengan dihadiri oleh sejumlah warga, aparat desa, dan karang taruna setempat.


Vidya Putri E. Haebun selaku koordinator desa mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan edukasi pada masyarakat tentang pengolahan pangan lokal yang sehat serta memperpanjang umur simpan produk pangan tersebut.


"Adapun manfaat pelaksanaan kegiatan ini agar masyarakat bisa memanfaatkan bahan pangan terutama pangan lokal menjadi produk pangan yang dapat memiliki nilai tambah dan pemanfaatan pangan lokal yang berkelanjutan," kata Vidya.


Kegiatan pelatihan pengolahan pangan berbasis pangan lokal ini dilaksanakan dengan membahas bagaimana inovasi yang dapat dilakukan pada proses pembuatan saus tomat, bakso, dan snack tortila yang terbuat dari jagung.


Pada saat praktek pengolahan bahan pangan lokal, Vidya Putri E. Haebun selaku koordinator desa bersama dengan 9 mahasiswa peserta KKN lainnya turun langsung mendampingi masyarakat dalam proses pengolahan bahan pangan lokal saus tomat, bakso, snack tortila.


"Besar harapan kami dengan adanya pelatihan yang kami laksanakan ini dapat meningkatkan keterampilan masyarakat dalam menginovasi bahan pangan berbasis pangan lokal menjadi produk pangan yang bernilai ekonomis," ucap Vidya.


(Iyan/Noka)

×
Berita Terbaru Update