Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Sambangi Kabupaten Lingga, BPKP Kepri Gelar Workshop Dana Desa

| Desember 12, 2023 WIB

Dokumentasi Kegiatan (Sumber:BPKP Provinsi Kepri)

Kabardesa.co.id, Lingga Kepri - Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2023, di Aula Kantor Bupati Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau Selasa (12/12/2023).


Didepan seluruh Kepala Desa, Camat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pendamping Desa, Bupati Kabupaten Lingga M. Nizar, S.Sos. mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Lingga ini.


“Semoga dengan adanya Workshop ini, dapat mendorong penguatan penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik serta pengelolaan keuangan desa yang lebih transparan dan akuntabel, dapat mendorong pembangunan dan pemberdayaan sumber daya manusia di desa, serta mendorong pemerintah desa melakukan transformasi ekonomi desa yang berkelanjutan sesuai kewenangan desa” ujar Nizar.


Dalam diskusi panel, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Mardiyanto Arif Rakhmadi menyampaikan bahwa BPKP melakukan pengawasan dari sisi keuangan dan pembangunan desa agar sasaran program strategis desa bisa tercapai.


“Dari hasil pengawasan BPKP terkait desa di Provinsi Kepulauan Riau terdapat beberapa hal yang menjadi catatan diantaranya pengelolaan aset desa yang belum tertib, serta perencanaan dan pengelolaan keuangan desa belum sesuai ketentuan. Kondisi geografis Kabupaten Lingga  yang berbentuk kepulauan juga menjadi tantangan dalam koordinasi dan mempengaruhi akuntabilitas keuangan desa” ucap Mardiyanto.


Dengan kondisi geografis kepulauan, diharapkan percepatan transaksi non tunai atas pengelolaan keuangan daerah, melalui kolaborasi Siskeudes dan CMS Bank Daerah dapat semakin mendorong peningkatan akuntabilitas keuangan desa.


Mardiyanto berharap di Tahun 2024 dapat terwujudnya sinergi dan kolaborasi pembinaan pemberdayaan dan pengawasan di daerah, adanya kebijakan desa berbasis data, meningkatnya akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan desa, serta meningkatnya daya dukung desa dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan nasional. 


Dalam kegiatan workshop tersebut turut menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya yang berasal dari Kejaksaan Negeri Lingga, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepulauan Riau, Direktorat Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri. 


Pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah dan Desa antara Kabupaten Lingga dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau sebagai wujud nyata pengawalan pembangunan Kabupaten Lingga kedepan. (Ay)

×
Berita Terbaru Update