Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Pemerhati Sosial Menduga Adanya Kesalahan Dalam Proyek Pengaspalan Di Mappesangka

| Desember 11, 2023 WIB

 



BONE,KABARDESA.co.id,- Adanya keretakan panjang dan lebar pada proyek pengaspalan Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang ( DBMCKTR ) Kabupaten Bone  di Desa Mappesangka Kecamatan Ponre Kabupaten Bone yang dikerjakan oleh PT.Amin Jaya, dianggap oleh Raihan Iskandar yang merupakan  salah satu Pemerhati sosial sebagai salah satu proyek gagal.


Raihan menduga adanya kesalahan perencanaan ataupun kesalahan dalam pengerjaan jika ada pengaspalan yang belum cukup setahun tapi sudah mengalami keretakan yang  lebar dan panjang.


" Kalau demikian adanya, maka ada dugaan kesalahan,entah itu dalam perencanaan ataukah dalam pengerjaan karena jika keretakan panjang,biasanya  medannya yang labil, tidak  dilakukan pemadatan atau dibuatkan penahan berupa talud di pinggiran jalan" ujarnya ( Senin, 11/12/2023).


Keretakan yang lebar,harusnya segera dilakukan pengerjaan ulang secepat karena akan sangat rawan terjadi kerusakan parah.


" Harusnya tidak boleh hanya melakukan penyiraman aspal curah karena ini keretakan besar,harusnya di padatkan ulang baru dilakukan pengaspalan ulang" lanjutnya.


Meskipun masih dalam tahap pemeliharaan, Raihan yang merupakan salah satu pemerhati di area Sulawesi Selatan ini mengharapkan Aparat penegak hukum melakukan pemeriksaan baik dari segi perencanaan sampai mutu aspal karena ini jelas akan merugikan negara.


Diberitakan sebelumnya, Pihak PT Amin Jaya yang merupakan pemenang tender pengaspalan Jalan di Desa Mappesangka Kecamatan Ponre Kabupaten Bone, hingga saat ini belum juga memperbaiki semua keretakan aspal.


Pihak PT.Amin Jaya, Dani yang dikonfirmasi terkait hal tersebut,mengaku kalau pihaknya sudah memperbaiki keretakan sesaat setelah adanya pemberitaan tapi saat kabardesa.co.id ke lokasi pada hari jumat pagi.( 8/12/2023).tampak keretakan panjang dan lebar beberapa centi masih terlihat.


"Iye, bagian di ujung ini... Hujanki itu hari... Ndak jadiki..."

"Itu hari hujanki, ndak jadi aspal curahnya disiram..."tulisnya melalui media whatsapp.( Kamis,07/12/2023).


Saat kembali dikonfirmasi terkait penundaan perbaikan pada saat itu karena faktor hujan akan tetapi sampai hari ini tidak juga dilanjutkan perbaikan, Dani kembali berdalih kalau aspal curahnya habis dan baru akan dipesan lagi.


" Sdh dipesanmi itu aspal, Insya Allah Minggu dpn masukmi aspalnya." Lanjutnya.

×
Berita Terbaru Update