Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Ratusan Warga Sambangi Kades Terkait Manipulasi Data Bansos

| November 30, 2023 WIB

Ratusan warga Jatiwangi Tegal melakukan audiensi dengan Kepala Desa terkait Bansos (*)


Kabardesa.co.id, Tegal Jawa Tengah - Ratusan warga Desa Jatiwangi Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal mendatangi kepala desanya, Kamis (30/11/2023).


Mereka bersama Forum Masyarakat Peduli Desa (Formades)meminta penjelasan terkait penyaluran Bantuan Sosial Beras Bantuan Pangandari Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang tidak sesuai dengan data Kelompok Penerima Manfaat (KPM) dari Bulog melalui Dinas Pertanian Kabupaten Tegal.

Wakil Ketua BPD Desa Jatiwangi M Sukron saat dihubungi PanturaPost membenarkan, pihaknya telah menerima kedatangan Formades untuk beraudiensi.

Menurut Sukron, terkait masalah ini, sebelumnya Formades sudah melakukan audiensi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tegal dan sesuai arahannya masalah ini diselesaikan dengan bantuan BPD Desa Jatiwangi.

Audiensi ini dihadiri oleh Plt Camat Pagerbarang Abdul Syukur, Kepala Desa Jatiwangi Abduri dan anggota BPD.

"Warga mendatangi kantor Pemdes guna meminta klarifikasi atas bantuan pangan beras 10 kilogram yang sudah disalurkan 2 bulan lalu yakni bulan Oktober dan November," kata Sukron.

Warga menduga banyak nama-nama KPM yang dialihkan penerimanya tanpa sepengetahuan KPM yang sudah terdaftar.


"Dalam audiensi tersebut, warga meminta data yang dari pusat untuk diperlihtatkan, dan setelah diperlihatkan ternyata benar 80% nama-nama sudah diubah dan tanda tangan di palsukan 80 persen dengan penerima gantinya," ungkap dia.

"Buktinya sudah jelas, saya selaku perwakilan RW juga bawa perwakilan yang merasa dirugikan," ujar Sukron.

Namun menurut Sukron, audiensi tersebut belum menemukan titik terang, sehingga kemungkinan akan dilanjut audiensi berikutnya.

"Masih berlanjut, ada 2 kemungkinan, akan dilanjut audiensi lagi atau dilaporkan ke pihak berwajib, terkait tanda tangan palsu," tandasnya. (Ay)

×
Berita Terbaru Update