Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Hari Rabies Sedunia, 1.881 Ekor HPR Divaksinasi di Sulbar

| Oktober 11, 2023 WIB

Sebanyak 1.881 ekor Hewan Penular Rabies (HPR) di Sulawesi Barat (Sulbar) mendapatkan vaksinasi rabies gratis .(foto Frd)


Kabardesa.ID.MAMUJU SULBAR--Sebanyak 1.881 ekor Hewan Penular Rabies (HPR) di Sulawesi Barat (Sulbar) mendapatkan vaksinasi rabies gratis pada momentum peringatan Hari Rabies Sedunia Tahun 2023.


Vaksinasi rabies dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Rabies Sedunia pada Sabtu 7 Oktober 2023 di Kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Sulbar serta disemua Puskeswan yang ada di Sulbar, dengan melibatkan 105 petugas kesehatan hewan terdiri dari dokter hewan dan paramedik. Pemberian vaksin rabies kepada HPR berlangsung hingga Selasa 10 Oktober 2023.


Kegiatan itu sebagai bentuk partisipasi dalam pemecahan rekor MURI vaksinasi rabies serentak dan massal, yang digagas oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 


Jumlah total hewan di Indonesia yang divaksinasi rabies lebih dari 33 ribu ekor, baik itu kucing, anjing maupun HPR lainnya. Vaksinasi rabies serentak dan massal berhasil memecahkan rekor MURI.


Di Sulbar kegiatan tersebut dibuka Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Sulbar Jamil Barambangi. Dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi seluruh stakeholder, baik yang menangani peternakan dan kesehatan hewan maupun kesehatan manusia, serta melibatkan masyarakat.


“Pemberantasan rabies perlu upaya bersama antara dinas terkait serta masyarakat umum pemilik hewan guna mewujudkan Sulbar bebas rabies. Ini sejalan dengan tema Hari Rabies Sedunia tahun ini “All for One, One Health for All”, Semua untuk Satu, Satu Kesehatan untuk Semua,"kata Jamil (rls)

×
Berita Terbaru Update