Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Tim Jihandak Brimob Gerak Cepat Amankan Granat Temuan Warga di Situbondo

| Juli 20, 2023 WIB

Tim Jihandak Brimob Bondowoso Evakuasi Granat temuan warga Desa Lugundang Situbondo



SITUBONDO, Kabardesa.co.id - Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) SatBrimob Bondowoso mengamankan sebuah granat aktif yang ditemukan warga di Kampung Lugundang Barat, RT003 RW007, Desa Talkandang, Kecamatan Situbondo kota, Kabupaten Situbondo Jatim. Kamis Malam (20/7/2023).


Danramil Kodim 0823/01 Situbomdo Kapten inf Joni Kriswanto saat dilokasi mengatakan mengatakan penemuan granat aktif jenis nanas dilaporkan oleh seorang warga saat menggali lubang kandang sapi miliknya.


"Sekitar pukul 12.00 wib seorang warga bernama Santoso melaporkan penemuan benda benda mencurigakan dipekarangan rumahnya, laporan tersebut kemudian ditindak lanjuti Babinsa Serda Joni Faut babinsa, setelah dilokasi benda tersebut diduga granat jenis nanas diduga sisa agresi meliter Belanda tahun 1948," terang Joni.

Granat temuan warga, diduga sisa agresi Belanda tahun 1948

Temuan benda diduga granat tersebut langsung dikomunikasikan oleh pihak koramil ke Polres Situbondo, " Pihak Polres Situbondo kemudian membuat garis perimeter agar warga setempat tidak masuk ke area penemuan granat untuk pengamanan lebih lanjut sambil menunggu tim Jihandak dan Bom Brimob Bondowoso, " tukasnya.


Santoso (63) penemu granat mengatakan, benda tersebut ditemukannya pada hari Selasa kemarin, namun baru dilaporkannya setelah melihat bentuk benda yang ditemukannya mirip dengan bom.


"Awalnya saya menggali lubang untuk mengikat sapi, pada kedalaman sekiyar 70 centimeter ada benda keras saya pikir batu, sempat saya tumbuk pake linggis beberapa kali namun setelah saya angkat kok bentuknya aneh, karena takut saya laporkan ininke pak Babinsa, " tuturnya.


Masih dilokasi penemuan granat, Kasat Shabara Polre Situbondo AKP  Sudpendi menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak perlu resah ataupun merasa takut dengan ditemukannya benda granat diduga aktif itu ia juga meminta  masyarakat melaporkan jika menemukan benda-benda aneh ke pihak kepolisian atau TNI.


"Dengan adanya penemuan granat jenis nanas ini, kami himbau agar masyarakat melaporkan apabila menemukan benda- benda aneh, karena dengan ditemukannya granat yang masih aktif ini tidak menutup kemungkian adanya benda serupa disekitar lokasi," himbau Sudpendi.


Setibanya dilokasi, Tim Jihandak dan Bom Brimob Bondowoso langsung mengevakuasi granat diduga aktif itu dan segera membawa benda tersebut menggunakan mobil Jibom untuk di Disposal (Diurai). 


×
Berita Terbaru Update