Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Pemprov Hadirkan Senter KIM, Sasar Lokus Kemiskinan Ekstrem di Enam Kabupaten

| Juli 05, 2023 WIB


Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian Statistik  (Diskominfopers) Provinsi Sulbar ,Mustari Mula ( tengah), berkomitmen meningkatkan kualitas Sistem Akuntabilitas Kineja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan mendorong Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik di Lingkup Pemprov Sulbar. 


Kabardesa.ID.MAJENE SULBAR -- Dinas Komunikasi Informasi Persandian Statistik  (Diskominfopers) Provinsi Sulbar berkomitmen meningkatkan kualitas Sistem Akuntabilitas Kineja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan mendorong Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik di Lingkup Pemprov Sulbar. 


Itu disampaikan Kepala Dinas Kominfo Sulbar Mustari Mula saat memaparkan Indeks Kinerja Utama (IKU)  dihadapan Pj Gubernur Sulbar,  Prof Zudan Arif Fakrulloh bersama Sekprov Sulbar, Muhammad Idris pada Rapat Kerja Pimpinan Pengendalian dan Inflasi Pelaksanaan RKPD- ABPD Tahun Anggaran 2023 Provinsi Sulbar di Aula Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Majene, Selasa, 4 Juli 2023. 


Disebutkan,  Nilai SAKIP Lingkup OPD diangka 80 Poin,


 Indeks SPBE Perangkat Daerah 4,2  Poin ,Tingkat Capaian Kinerja Anggaran, Lingkup OPD 98,5 persen, Tingkat Tata Kelola Manajemen ASN Lingkup OPD 75 persen, dan Nilai Reformasi Birokrasi 30 Poin.


Selain itu, peningkatan juga terjadi pada  pengelolaan data statistik sektoral dengan persentase cakupanp emenuhan data statistik dan formasi Pembangunan Daerah yang Akurat 100 persen. Begitu juga mengenai penyebarluasan informasi yang ada dengan prsentase penyebarluasanI nformasi melalui PengelolaanI nformasi dan Komunikasi Publik diangka 85 persen.


"Begitu juga untuk keamanan sistem, persentase pengamanan Informasi, Pengamanan Sistem Elektronik Aplikasi dan Pengamanan Signal sudah diangka 100 persen," kata Mustari.


Mustari menjelaskan, pentingnya penerapan SPBE untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.


"Ini juga sekaligus menjawab harapan masyarakat akan hadirnya pelayanan publik yang  murah, pelayanan bermutu dan pelayanan yang transparan," pungkasnya.


Untuk itu pula, lanjut Mustari salah satu program Diskominfopers Sulbar dalam mengedukasi masyarakat adalah program Senter KIM, ini mendukung proses perkembangan digitalisasi yang ada di desa.


Misalnya pemanfaatan media sosial yang lebih sehat, penggunaan internet yang berkualitas, dan menangkal berita hoax, pemanfaatan Infrastruktur Internet yang ada di desa-desa. Ini yang kita mau berdayakan melalui manajemen bandwidth " ucap Mustari Mula


Mustari menambahkan, Senter KIM sebagai upaya kolaborasi dan sinergi antara Diskominfo Provinsi, Diskominfo kabupaten dan Relawan TIK, membangun desain tekhnologi navigasi komunikasi internet. 


"Tujuannya agar koneksitas antar penduduk menggunakan perangkat telekomunikasi, baik berbasis radio komunikasi maupun smartphone yang minim jaringan internet dapat terintegrasi dengan baik,"tutupnya. (rls/Hukma)

×
Berita Terbaru Update