Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

Kades dan Belasan Perangkat Desa Diperiksa Tipikor Polres, Pelayanan Kantor Desa Jangkar Lumpuh

| Juli 25, 2023 WIB

Belasan perangkat Desa menjalai pemeriksaan! di Polsek Asembagus terkait Dana Desa tahun 2020 -2022


Kabardesa.co.id, Situbondo Jatim – Sejumlah warga mengaku kesal akibat pelayanan administrasi dikantor Desa Jangkar lumpuh karena tak satupun perangkat Desa teelihat di Kantor Desa Jangkar, Kecamatan Jangkar kabupaten Situbondo. Selasa (25/7/2023).


Warga yang memerlukan surat dan tanda tangan kepala Desa untuk keperluan mendesak dan keperluannya lainnya harus gigit jari lantaran Kades, Sekdes dan belasan perangkat Desa lainnya kompak tidak ada di kantor.


"Kejadian ini sangat kami sesalkan, karean warga yang memiliki kepentingan mendesak untuk keperluan kepengurusan kesehatan keluarga saya tapi pak Kades dan perangkat Desa nya tidak ada di kantor, kami sebagai warga sangat kecewa, " tutur Sulaiman.


Menurutnya, Warga yang datang ke kantor desa,  karena memiliki keperluan yang sangat penting. Apalagi, ini ada yang mengurus surat untuk keperluan pengobatan orang sakit. “Kasihan masyarakat kalau seperti ini,” katanya kesal.


Kepala Desa Jangkar Mansur saat di momfirmasi mengatakan  ketidakhadirannya di kantor desa karena memenuhi surat permintaan keterangan oleh Polres Situbondo bersama belasan perangkat desa bertempat di Polsek Asembagus.


"Maaf mas kami masih menjalani pemeriksaan di Polsek  Asembagus bersama belasan perangkat! desa,  kami masih bingung surat pemanggilan ini terkait apa masih belum jelas, "singkatnya.


Pemeriksaan terhadap Kades dan belasan Perangkat desa itupun dikeluhkan oleh Kuasa Hukum dari Kantor Hukum Az-Zainuri Ghazali. Ia mengatakan bahwa adanya pemeriksaan oleh inspektorat itu sangat mengganggu efektivitas pelayanan di Desa Jangkar.


"Pelayanan tentu lumpuh total. Padahal persoalan ini belum jelas titik masalahnya. Bahkan saya sebagai Kuasa Hukum Kepala Desa dan Perangkat Desa Jangkar masih mempertanyakan landasan hukum pemeriksaan ini. Apakah berbentuk pengaduan, pelaporan atau apa?," ujar pria yang sekaligus menjadi Tim Hukum dan Advokasi Apdesi.


Berdasarkan informasi dilapangan  Kades Jangkar dan belasan perangkat desa mendapat surat panggilan untuk dimintai klarifikasi terkait pengelolaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020 - 2021 Desa Jangkar, Kecamatan Jangkar, kabupaten Situbondo Jawa Timur.


×
Berita Terbaru Update