Notification

×

Iklan

.

Iklan

.

Advetorial

RSUD Abdoer Rahem Situbondo, RSUD Pertama di Jawa Timur Miliki Terapi Oksigen "Hyperbaric Chamber"

| Juni 24, 2023 WIB

 

RSUD Abdoer Rahem Situbondo tampak depan. (foto : istimewa) 



Kabardesa.co.id, Situbondo Jatim – RSUD Abdoer Rahem akan menjadi satu-satunya Rumah Sakit milik Daerah yang akan membuka layanan terapi oksigen hiperbarik (hyperbaric chamber). Terapi yang dilakukan ini tak hanya diperuntukkan bagi penderita penyakit tertentu, tapi orang sehat pun bisa melakukan terapi ini.


Direktur RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo dr. Hj. Roekmy Prabarini Ario.,M.Kes mengatakan, Kabupaten Situbondo memiliki garis pantai sepanjang 150 kilometer dan dengan keindahan lautnya, Situbondo berpotensi menjadi rujukan wisatawan yang hobi menyelam (Diving). Selain itu banyak masyarakat Situbondo yang juga mencari nafkah dengan menyelam. 


"Terapi ini pertama kali digunakan oleh Angkatan Laut. Tentara yang sudah menyelam dengan  kedalaman  lebih 10 meter, Karena tekanan udara di bawah laut kan berbeda. Oleh karena itu, terapi oksigen hiperbarik ini sangat cocok untuk pasien dekompresi. Jika setelah menyelam mengalami dekompresi, bisa ikut terapi ini,” Jelas dr Roekmy.

Direktur RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo dr. Hj. Roekmy Prabarini Ario.,M.Kes 

Roekmy menerangkan, Manfaat terapi ini salah satunya adalah meningkatkan kebugaran dan vitalitas. Oksigen yang dihirup dalam terapi ini akan membantu metabolisme tubuh,"Sehingga dapat meningkatkan kebugaran dan vitalitas. Terapi ini juga bisa dilakukan para perempuan. Terapi ini bisa mempercantik kulit karena bersifat seperti anti penuaan, " terangnya.


Terapi oksigen hiperbarik sendiri adalah terapi pengobatan dengan menggunakan oksigen murni di dalam ruangan bertekanan tinggi. Terapi ini hanya menggunakan oksigen murni, tanpa menggunakan obat-obatan.


“Layanan terapi Hiperbarik menggunakan oksigen 100 persen. Sedangkan kalau kita menghirup udara di luar hanya sekitar 28-30 persen oksigen yang kita hirup. Karena ada banyaknya polusi dan pencemaran udara,” urai dr Roekmy.


Direktur RSUD Abdoer Rahem itupun menyampaikan, selain pasien dekompresi, pasien kencing manis, vertigo, stroke, pasien pos luka bakar juga bisa mengikuti terapi ini. Terapi ini sangat efektif untuk mempercepat pemulihan pasien tersebut dengan bantuan oksigen.


"Dalam tiga bulan kedepan, insya Allah sudah bisa dilaunching, saat ini pembanguan untuk ruangan hyperbaric chamber pengerjaannya sudah 50 persen, walaupun target kami untuk para wisatawan (turis) namun untuk warga lokal juga bisa menikmati layanan pengobatan ini," tukas.


Untuk masyarakat yang menikmati laynan terapi hiperbarik, dr Roekmy mengatakan biayanya masih terjangkau, memang diakuinya juga layanan hiperbarik tersebut belum menerima pasien yang menggunakan BPJS.


Di Provinsi Jawa Timur layanan terapi oksihen (hyperbaric)
hanya ada di LAKESLA (Lembaga Kesehatan Kelautan TNI AL), yang beralamat di jalan gadung No.1, satu komplek dengan RSAL DR. Ramelan. Sehingga bisa dipastikan RSUD AR Situbondo adalah satu-satunya RS yang memiliki layanan terapi oksigen ini di Jawa Timur.


×
Berita Terbaru Update